HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Enggar Utari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nourma Yulita Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari
Keywords: Berpikir kritis, Kreativitas, Mind map

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kreativitas siswa melalui mind map. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Kota Serang kelas X MIPA 5 semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen berupa soal uraian kemampuan berpikir kritis dan lembar penilaian kreativitas dalam membuat mind map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 35,48% dan kreativitas siswa yaitu 64,52% dengan kategori cukup. Nilai koefisien korelasi (rxy) yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,427. Korelasi tersebut menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kreativitas siswa berada pada kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningrum, D., Mulyani, S., & Susilowati, E. (2010). Implementation of Problem Based Learning (Pbl) To Student ’ S Critical Thinking Skill on Protist Matter. December, 82–90.
Buzan, T. (2008). Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Gramedia Pustaka Utama.
Ennis, R. H. (2013). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Thinking Dispositions and Abilities. http://www.criticalthinking.net/longdefinition.html
Syam, N. & R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 184–197.
Usman, U. &, & Ratnasari, D. (2019). Student Perseption of Learning That Developing Creative. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 27–35.
Usman, U., Susilowati, S., & Widiyaningrum, P. (2017). Analisis Kesesuaian RPP terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 243–251. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.15198
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Published
2020-10-23
How to Cite
Usman, U., Utari, E., & Yulita, N. (2020). HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 143-152. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5299
Section
Article
Abstract viewed = 1884 times
PDF downloaded = 2239 times