PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan serta untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall tahap 1 sampai 4 dengan modifikasi, yaitu (1) mengumpulkan data; (2) perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) uji coba tahap awal. Instrumen penilaian ini dinilai pada aspek materi yang disajikan, konstruksi, validitas, bahasa dan tampilan desain dengan menggunakan instrumen angket penilaian ahli. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk kuantitatif dan digunakan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh rata-rata hasil sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan siswa SMA/MA. Berdasarkan uji coba tahap awal diperoleh hasil bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X di MA Al-Khairiyah Rancaranji masih dikatakan rendah
Downloads
References
Asniar, A. (2016). Profil Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berargumentasi Mahasiswa Sains dan Non-Sains. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (1), 30–41.
Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17 (1), 110–123.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=_rRhQgAACAAJ&dq=educational+research+an+introduction&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj1hbWp-_frAhWP6XMBHQIWALEQ6AEwAXoECAIQAg.
Ersanti, K., & Rahman, A. (2017). Implementation of Fishbowl Learning Model on Students of Communication Students on Concept of Environment Pollution in Class X Sman 18 Tangerang Regency. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12 (2), 91–101.
Fenti, S., Patonah, S., & Nuroso, H. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8 (2), 121–128.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3 (1), 49–54.
Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan
Praktikum Mandiri dalam Bentuk Video Presentasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Komunikasi lisan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3 (1), 328–338.
Herin, G. (2016). Pola Interaksi Satu Arah Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142.
Iftitahurrahimah, I., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar Mipa, 15 (1), 7-12.
Rahman, A., Meliyana, & I. Rifqiawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning ( POGIL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Subkonsep. Junal Pendidikan Biologi, 9 (2), 132–143.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239–2253.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula (9th ed.). Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (10th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sari, I. J., Murni, D., & Sjaifuddin, S. (2016). Peningkatan Kecakapan Komunikasi Siswa Menggunakan Pembelajaran Bilingual Preview Review dengan Setting Jigsaw Pada Konsep Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 121–130.
Sari, L. W., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom Kelas X Mia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5 (1), 45–53.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis Dominasi Komunikasi Scientific pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (2), 181–190.
Yusefni, W., & Sriyati, S. (2015). Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Diakses dari http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_winda_yusefni_a57cb15e77545cc658f7df3782c29f8d.pdf.
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/318013627_Keterampilan_Abad_Ke21_Keterampilan_yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran.
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.