PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hilda Inayah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aditya Rahman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iing Dwi Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Pengembangan instrumen, keterampilan komunikasi lisan, pembelajaran biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan serta untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall tahap 1 sampai 4 dengan modifikasi, yaitu (1) mengumpulkan data; (2) perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) uji coba tahap awal. Instrumen penilaian ini dinilai pada aspek materi yang disajikan, konstruksi, validitas, bahasa dan tampilan desain dengan menggunakan instrumen angket penilaian ahli. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk kuantitatif dan digunakan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh rata-rata hasil sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan siswa SMA/MA. Berdasarkan uji coba tahap awal diperoleh hasil bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X di MA Al-Khairiyah Rancaranji masih dikatakan rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asniar, A. (2016). Profil Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berargumentasi Mahasiswa Sains dan Non-Sains. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (1), 30–41.

Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17 (1), 110–123.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=_rRhQgAACAAJ&dq=educational+research+an+introduction&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj1hbWp-_frAhWP6XMBHQIWALEQ6AEwAXoECAIQAg.

Ersanti, K., & Rahman, A. (2017). Implementation of Fishbowl Learning Model on Students of Communication Students on Concept of Environment Pollution in Class X Sman 18 Tangerang Regency. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12 (2), 91–101.

Fenti, S., Patonah, S., & Nuroso, H. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8 (2), 121–128.

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3 (1), 49–54.

Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan

Praktikum Mandiri dalam Bentuk Video Presentasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Komunikasi lisan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3 (1), 328–338.

Herin, G. (2016). Pola Interaksi Satu Arah Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142.

Iftitahurrahimah, I., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar Mipa, 15 (1), 7-12.

Rahman, A., Meliyana, & I. Rifqiawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning ( POGIL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Subkonsep. Junal Pendidikan Biologi, 9 (2), 132–143.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239–2253.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula (9th ed.). Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (10th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sari, I. J., Murni, D., & Sjaifuddin, S. (2016). Peningkatan Kecakapan Komunikasi Siswa Menggunakan Pembelajaran Bilingual Preview Review dengan Setting Jigsaw Pada Konsep Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 121–130.

Sari, L. W., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom Kelas X Mia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5 (1), 45–53.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis Dominasi Komunikasi Scientific pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (2), 181–190.

Yusefni, W., & Sriyati, S. (2015). Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Diakses dari http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_winda_yusefni_a57cb15e77545cc658f7df3782c29f8d.pdf.

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/318013627_Keterampilan_Abad_Ke21_Keterampilan_yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran.

Published
2022-04-25
How to Cite
Usman, U., Inayah, H., Rahman, A., & Lestari, I. D. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 63-78. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9765
Section
Article
Abstract viewed = 1264 times
PDF downloaded = 888 times