PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM

  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mila Ermila Hendriyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ika Rifqiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: PjBL, STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui pembelajaran PjBL yang diintegrasikan dengan STEM.  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yaitu mahasiswa yang mengambil MK Anfisman, yang dipilih dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay.  Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan pemecahan masalah mahasiswa terdapat 19% termasuk kategori cukup, 29% kategori kurang dan 57% kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah biologi adalah kesalahan mentransformasikan informasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan memahami soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, U. T., Lestari, I. D., Rahman KN, A., Usman, U., & Rifqiawati, I. (2021). Studi Kasus SMA di Banten: Proses Pembelajaran Biologi SMA Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2465

Hardiyanti, S., Hendriyani, M., & Rifqiawati, I. (2020). Pengaruh MOdel Problem Based Learning berbantukan jurnal ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Pabuaran (Konsep Sistem Sirkulasi). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 394–401. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9959

Hariatik, Suciati, & Sugiyarto. (2016). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning ( Pbl ) Disertai Dialog Socrates ( Ds ) Terhadap Hasil Belajar. Pendidikan Biologi, 8(2), 45–51.

Mumford, M. D., Medeiros, K. E., & Partlow, P. J. (2012). Creative Thinking : Processes , Strategies , and Knowledge. 46, 30–47. https://doi.org/10.1002/jocb.003

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Supiandi, M. I., Pendidikan, J., Persada, B.-S., Sintang, K., & Barat, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Tivani, I., & Paidi. (2016). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan Developing Problem-Based Biology Worksheet to Improve Problems Solving Skills and Environment Care Character. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35–45.

Published
2022-10-26
How to Cite
Usman, U., Hendriyani, M. E., & Rifqiawati, I. (2022). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 192-197. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11177
Section
Article
Abstract viewed = 84 times
PDF downloaded = 56 times