PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui pembelajaran PjBL yang diintegrasikan dengan STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yaitu mahasiswa yang mengambil MK Anfisman, yang dipilih dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan pemecahan masalah mahasiswa terdapat 19% termasuk kategori cukup, 29% kategori kurang dan 57% kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah biologi adalah kesalahan mentransformasikan informasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan memahami soal.
Downloads
References
Anggraini, U. T., Lestari, I. D., Rahman KN, A., Usman, U., & Rifqiawati, I. (2021). Studi Kasus SMA di Banten: Proses Pembelajaran Biologi SMA Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2465
Hardiyanti, S., Hendriyani, M., & Rifqiawati, I. (2020). Pengaruh MOdel Problem Based Learning berbantukan jurnal ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Pabuaran (Konsep Sistem Sirkulasi). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 394–401. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9959
Hariatik, Suciati, & Sugiyarto. (2016). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning ( Pbl ) Disertai Dialog Socrates ( Ds ) Terhadap Hasil Belajar. Pendidikan Biologi, 8(2), 45–51.
Mumford, M. D., Medeiros, K. E., & Partlow, P. J. (2012). Creative Thinking : Processes , Strategies , and Knowledge. 46, 30–47. https://doi.org/10.1002/jocb.003
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Supiandi, M. I., Pendidikan, J., Persada, B.-S., Sintang, K., & Barat, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.
Tivani, I., & Paidi. (2016). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan Developing Problem-Based Biology Worksheet to Improve Problems Solving Skills and Environment Care Character. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35–45.
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.