HUBUNGAN ANTARA NILAI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMAN 13 Kabupten Tangerang kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Adversity Reponse Profile (ARP), dan nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT) biologi. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Adversity Quotient (AQ) peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 94,11% dan hasil belajar biologi dengan kategori baik yaitu 35,29%. Nilai pearson korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,640. Korelasi tersebut menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara nilai Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar biologi berada pada kategori kuat. Kesimpulan yang didapat yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara nilai Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar biologi.
Downloads
References
Agustina, T. S., & Komalasai, P. T. (2014). Kecerdasan Adversiti (Adversity Quotient) Berdasarkan Jender Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Executive Territory Program. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 206-215.
Armstrong, T. (2005). Setiap Anak Cerdas! Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Azaria, U. N & T. Suprihatin. (2017). Adversity Quotient Pada Siswa Homeschooling. Jurnal Proyeksi, 12(2), 79-86.
Cerya, E. (2017). Peningkatan Adversity Quotient Dalam Pencapaian Prestasi Akademik Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pakar Pendidikan, 15(2), 18-27.
Huda, N & D. Damar. (2021). Asosiasi Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics. 2(1), 10-20.
Kusnani, M. N. D., & Rahayu, H. M. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Biologi Education, 3(2), 53-62.
Nurhayati & N.Fajrianti. (2015). Pengaaruh Adversity Quotient (AQ) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(1), 72-77.
Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Salatiga Dan Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85-92.
Purwanti, P & D.R Munandar. (2019). Analisis Tingkat Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal UNSIKA, 1(3), 33-44.
Ronnie. M. D. (2006). The Power of Emotional & Adversity Quotient (AQ) for Teachers: Menghadirkan Prinsip-Prinsip Kecerdasan Emosional dan Adversitas dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Hikmah (PT Mizan Publika).
Rukmana, I., M. Hasbi., B. Paloloang. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematik Tadulako, 03(03), 325-333.
Septianingtyas, N & H. Jusra. Keampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 657-672.
Stoltz, P. G. (2007). Adversity Quotient “Mengubah Hambatan Menjadi Peluang”. Jakarta: PT Grasindo.
Sudarman. (2012). Adversity Quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematik. AKSIOMA, 1(1), 55-62.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2017). Adversity Quotient Mahasiswa Pemograman Skripsi (Adeversity Quotinet of Student Programming Thesis). Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 209-220.
Supardi, U. (2015). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71.
Susanto, A. (2016). Daya Juang Dua Siswa Kelas X Bidang IPA Ditinjau Dari Pendekatan Eksistensial Di SMA Charitas Jakarta. Psiko Edukasi, 14(1), 18-27.
Utami, S., H.F. Nashori., M.A. Rachmawati. (2014). Pengaruh Pelatihan Adversity Quotient (AQ) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Intervensi Psikologi. 6(1), 131-149.
Williams, J. M. & Bryan, J. (2013). Overcoming adversity: High-achieving African American youth's perspectives on education resilience. Journal of Counseling & Development, 9(1), 291-300.
Wulansari, Y. (2017). Gambaran Adversity Quotient Dan Faktor Yang Mmempengaruhi Pada Andikpas Di Lembaga Pembinaan Khusus Kelas II Bandung. Diakses dari: http://repository.unpad.ac.id./frontdoor/index/docl /35396
Zamzami, Sakdiah, & Nurbaiza. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 123-133.
Zuraida. (2018). Hubungan Adversity Quotient Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Di PTS Universitas Potensi Utama. Jurnal Kognisi, 2(2), 136-147.
Copyright (c) 2021 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.