PROFIL HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MAHASISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran mendorong terciptanya berbagai media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo sebagai solusi dalam pembelajaran pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Project Based berbantuan Edmodo pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di FKIP Pendidikan Biologi pada bulan Februari sampai Mei 2020. Desain penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan hasil belajar menggunakan Edmodo Assisted Project Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil yang berbeda, dimana nilai posttest menunjukkan rata-rata sebesar 89,23. Sedangkan berdasarkan hasil angket motivasi siswa, dari 6 indikator 5 pernyataan angket memiliki kategori baik dan 1 memiliki kategori cukup. Nilai angket motivasi tertinggi pada indikator keinginan kuat untuk belajar dengan persentase 82,25% (baik).
Downloads
References
Blumenfeld, P. C., Kempler, T. M., & Krajcik, J. S. 2006. Motivation and Cognitive Engagement in Learning Environments. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of: The learning sciences (p. 475–488). Cambridge University Press.
Daulay U. A., Syarifuddin, & Manurung B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(6): 260-266.
Dinata, M., & Khudri Sembiring, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Standing Banner Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Biologi Konservasi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 183-186. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5310
Sahin, A. 2013. STEM Project-Based Learning. SensePublishers: Boston, USA.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo: Jakarta.
Sastroprawiro, W.N. 2011. The Missing Abundance Mentality in Our Curriculum dalam Seri Pemikiran Mahasiswa: Ekonomi Indonesia di Mata Anak Muda UI. FEUI: Baduose Media
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.