PROFIL HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MAHASISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH

  • Raudhah Awal Universitas Lancang Kuning
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Project Based Learning, Edmodo, Hasil Belajar, Motivasi

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran mendorong terciptanya berbagai media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo sebagai solusi dalam pembelajaran pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Project Based berbantuan Edmodo pada mata kuliah Botani Rendah Tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di FKIP Pendidikan Biologi pada bulan Februari sampai Mei 2020. Desain penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan hasil belajar menggunakan Edmodo Assisted Project Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil yang berbeda, dimana nilai posttest menunjukkan rata-rata sebesar 89,23. Sedangkan berdasarkan hasil angket motivasi siswa, dari 6 indikator 5 pernyataan angket memiliki kategori baik dan 1 memiliki kategori cukup. Nilai angket motivasi tertinggi pada indikator keinginan kuat untuk belajar dengan persentase 82,25% (baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blumenfeld, P. C., Kempler, T. M., & Krajcik, J. S. 2006. Motivation and Cognitive Engagement in Learning Environments. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of: The learning sciences (p. 475–488). Cambridge University Press.

Daulay U. A., Syarifuddin, & Manurung B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(6): 260-266.

Dinata, M., & Khudri Sembiring, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Standing Banner Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Biologi Konservasi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 183-186. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5310

Sahin, A. 2013. STEM Project-Based Learning. SensePublishers: Boston, USA.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo: Jakarta.

Sastroprawiro, W.N. 2011. The Missing Abundance Mentality in Our Curriculum dalam Seri Pemikiran Mahasiswa: Ekonomi Indonesia di Mata Anak Muda UI. FEUI: Baduose Media

Published
2022-04-25
How to Cite
Awal, R., Sari, M., & Sari, E. (2022). PROFIL HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MAHASISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 129-135. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9931
Section
Article
Abstract viewed = 295 times
PDF downloaded = 203 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3