PENGARUH PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
  • Wika Syafrida Syar Universitas Lancang Kuning
Keywords: Complete sentence, kartu bergambar, hasil belajar, sistem pencernaan

Abstract

Proses pembelajaran yang cenderung monoton, serta kurangnya fasilitas sekolah dan inisiatif guru dalam menggunakan media menjadi permasalahan dalam pendidikan. Salah satunya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel. Sampel yang pertama adalah kelas eksperimen VIII 5 dengan jumlah 37 siswa dan sampel yang kedua adalah kelas kontrol VIII 6 dengan jumlah 34 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0.58 kategori sedang dan pada kelas kontrol adalah 0.23 kategori rendah. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Bandung.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Astuti, T. (2011). Pembelajaran [online. Tersedia: http. www. Poojetz. Wordpress. Com//2011/01/13/analisis-tentang-membangun-pengetahuan-awal-atau-apersepsi-siswa dalam-kegiatan-pembelajaran/. [30 Desember 2018]
Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian. Genesindo: Bandung.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Bundu, P. (2006). Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Depdiknas: Jakarta.
Dimyati & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Fraenkel & Wallen. (2007). How to Design and Evaluate Reaserch in Educrstion. Mc.Graw-Hill: Singapore.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan.
Masturi, Fakhriyah, F., Roysa, M., & Faturrohman, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Organisme Dilihat Dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Di SD 5 Dersalam Kudus. Jurnal Sosial dan Budaya. Volume. 7. Nomor. 1. Hal 39-44.
Mulyasa. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Meiliani, Y. & Nurhadiah. (2017). Pengaruh Metode Permainan Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sub Materi Vertebrata. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Volume. 1. Nomor. 2. Hal 48-54.
Meltzer, D.E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American jurnal of physics. Vol. 70. No. 12: Hal. 1259-1268
Sadiman, A. Raharjo, A. Haryono & Raharjito. (2007). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Saptono. (2003). Pengembangan Model Conceptual Change pada Pembelajaran IPA. Buletin Fasilitator edisi 3, hal 5658. SEQIP Depdiknas: Jakarta.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.
Sudjana, N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru: Bandung.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar . Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Undang-Undang. RI. No. 20. Tahun. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Media Abadi: Yogyakarta.
Wartini, C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Mimbar Sekolah Dasar. Volume. 4. Nomor. 3. Hal 256-263.
Wasilah. (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. edisi 1 (1), hal 82-90.
Wulandari, A. (2010). Metode Penelitian [online]. Tersedia pada http;//www.trinoval.ID/2010
/04/jenis-uji statistik.html. [5 Oktober 2018].
Published
2019-05-20
How to Cite
Sari, E., & Syafrida Syar, W. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Bio-Lectura, 6(1), 25-34. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/2685
Section
Article