AKUMULASI LOGAM BERAT PADA BATANG Echinodorus palaefolius PADA VARIASI MEDIA PENYARING SELAMA REMEDIASI AIR LINDI

  • Ririn Rahmawati Universitas Lancang Kuning
  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Media Penyaring, logam berat, Remediasi, Echinodorus palaefolius

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan terbesar bagi setiap kota termasuk kota di pekanbaru. Karna jika sampah tidak dikelola dengan baik maka akan menghasilkan aliran air lindi yang dapat mencemari air bawah tanah dan lingkungan, yang pada akhirnya menurunkan tingkat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa kadar logam berat Fe dan Cr yang terakumulasi di batang melati air (Echinodorus palaefolius) selama remediasi air lindi (Leachate). Peneitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 kali pengulangan pada setiap perlakuan. Hasil penelitian selama 30 hari menunjukkan bahwa kadar logam Fe dan Cr yang terakumulasi di batang melati air (Echinodorus Palaefolius) yang efektif terdapat pada perlakuan P1 (Podzolik merah kuning + tumbuhan melati air + air lindi) hari ke 30 dengan nilai efektivitas untuk logam berat Fe pada batang melati air sebesar 13,771% dan nilai efektivitas Logam Cr pada batang melati air sebesar 13,017%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media penyaring PMK dengan tumbuhan melati air sangat efektif dalam mengakumulasi logam berat Fe dan Cr pada batang melati air selama remediasi air lindi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2011). Monograf Rembesan Air Lindi (Leachate) Dampak Pada Tanaman Pangan dan Kesehatan. UPN Press : Surabaya.
Anam, M, M. (2011). Penurunan Kandungan Logam Pb dan Cr Leachate Melalui Fitoremediasi Bambu Air (Equisetum Hyemale) dan Zeolit. Universitas Brawijaya, Malang.
Ansari, T, M., Marr, L, L., & Tariq, N., (2004). Heavy Metals ini Marine Pollution. A Mini Review. J. Appl. Sciences 4 .
Arbain., Mardana & Sudana. (2003). Pengaruh Air Lindi Tempat Pembuangan Akhir Sampah Suwung Terhadap Kualitas Air Tanah Dangkal Di Sekitarnya Di Kelurahan Pedungan Kota Denpasar. Jurnal Ecotrophic. Vol. 3. No. 2.
Arimbi, A. (2017) “Efektifitas Tanaman Melati Air (Echinodorus Palaefolius) dalam Menurunkan Kadar DOD (Biologycal Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand) Serta Tss (Total Suspended Solid) pada Limbah Cair Tempat Pemotongan Ayam. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.
Aska, N. (2017). Cara Mudah Budidaya Bunga Melati Air. Tersedia : http:// www.jenistanaman.com/cara-mudah-budidaya-bunga-melati-air/. [Diakses tanggal 16 November 2018].
Astuti, L, P., & Indriatwoko. (2018). Kemampuan Beberapa Tumbuhan Air dalam Menurunkan Pencemaran Bahan Organik dan Fosfat untuk Memperbaiki Kualitas Air. Jurnal teknologi Lingkungan Vol. 19, No. 2, juli 2018.
Caroline, J., & Moa, G, A., (2015). Fitoremediasi Logam Timbal (Pb) Menggunakan Tanaman Melati Air (Echinodorus Palaefolius) pada Limbah Industri Peleburan Tembaga dan Kuningan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Diktat kuliah TL-3104: Pengelolaan Sampah, Bandung, ITB.
Dimas, A, P., Istirokhatun., & Praharyawan. (2017). Pemanfaatan Air Lindi TPA Jatibarang Sebagai Media Alternatif Kultivasi Mikroalga Untuk Perolehan Lipid. Jurnal Teknik Lingkungan, Vol. 6, No. 1
Desrullah, R. (2016). Makalah Filtrasi. Tersedia : https://biologirendy.blogspot.com/2016/04/makalah-filtrasi.html?m=1 biologi, Farmasi. [Diakses tanggal 7 Desember 2018].
Emilia, I. (2014). Analisa Krom Total Di Daerah Industri Tenun Songket Musi Kota Palembang. Analisa Kromium 11(2): 33-37.
Published
2020-04-29
How to Cite
Rahmawati, R., & Sari, E. (2020). AKUMULASI LOGAM BERAT PADA BATANG Echinodorus palaefolius PADA VARIASI MEDIA PENYARING SELAMA REMEDIASI AIR LINDI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 68-76. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4012
Section
Article
Abstract viewed = 443 times
PDF downloaded = 445 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>