Problematika Ketenagakerjaan di Kota Batam Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

  • Febri Handayani Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim
  • Lysa Angrayni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim
Keywords: Problem, Ketenagakerjaan, Batam

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan problematika hubungan ketenagakerjaan di Kota Batam menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jenis penelitian ini penelitian  hukum normatif-empiris (applied law research), yaitu melihat hukum dalam kenyataan. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa problematika ketenagakerjaan di Kota Batam terkait PKWT dan upah. Faktor-faktor penyebab problematika ketenagakerjaan di Kota Batam, yaitu faktor yuridis, berupa kekeliruan penafsiran undang-undang, kelemahan sistem register, tidak diaturnya sanksi terhadap pelanggaran PKWT dan lemahnya sistem pengawasan ketenagakerjaan. Kebijakan pemerintah daerah mengatasi problematika ketenagakerjaan hanyalah melakukan pengawasan yang berkaitan dengan perlindungan norma kerja.  Kesimpulan penelitian ini bahwa secara tekstual hukum  ketenagakerjaan telah cukup memberikan pengakuan dan jaminan hukum terhadap hak-hak buruh. Namun, penegakan hukumnya masih lemah sehingga belum mampu mewujudkan perlindungan hak-hak buruh.  Ada beberapa faktor penyebab problematika ketenagakerjaan di Kota Batam. Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Batam dalam menangani permasalahan ketenagakerjaan.  Upaya dilakukan, seperti pencatatan PKWT dan koreksi terhadap PKWT yang belum memenuhi peraturan, melakukan koreksi atas peraturan perusahaan yang memerlukan pengesahan, melakukan proses mediasi terhadap permasalahan tenaga kerja, dan memberikan saran-saran untuk perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Neka Fatyandri dan Evi Silvana Muchsinati. Pengaruh dan Peran Manajer SDM Terhadap Keharmonisan Hubungan Industrial di Kota Batam. Jurnal Manajemen. Volume 14. Nomor 1. November 2014.

Asep Ahmad Saetuloh. Kebijakan Ketenagakerjaan pada Sektor Industri di Kota Batam. Jurnal Kajian. Volume 16. Nomor 1. Maret 2011.

Asri Wijayanti. 2011. Menggugat Konsep Hubungan Kerja. Bandung: CV Lubuk Agung.

Dwi Afni Maileni. Tanggung Jawab Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kota Batam Dalam Peningkatan Mutu dan Kualitas Calon Tenaga Kerja Indonesia Tinjauan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Jurnal Petita. Volume 2. Nomor 2. Desember 2015.

Fenny Natalia Khoe. Hak Pekerja yang Sudah Bekerja Namun Belum Menandatangani Perjanjian Kerja Atas Upah Ditinjau Atas Upah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 2. Nomor 1. 2013.

I Nyoman Wahyu Triana dan I Made Udiana. Kesepakatan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Melalui Perjanjian Bersama Ditinjau Dari Aspek Hukum Ketenagakerjaan. Jurnal Kertha Semaya. Volume 04. Nomor 04. Juli 2016.

Irene Svinarky. Analisis Kinerja Karyawan Dari Dampak Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Terhadap Kepuasan Perusahaan di PT Osi Electronics di Kota Batam Periode Tahun 2013. Jurnal Cahaya Keadilan. Volume 3. Nomor 1. 2015.

R. Joni Bambang S. 2013. Hukum Ketenagakerjaan. Bandung: Pustaka Setia.

Shinta Wahyu Hati, Rusda Irawati dan Aditia Wiranggga, Motivasi Kerja Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Tenaga Kerja Wanita di Sektor Industri. Proceeding Applied Business and Engineering Conference (ABEC) 2014.

Shinta Wahyu Hati. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pembelajaran di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam. Prosiding SNE Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

Suratman dan Philips Dillah. 2014. Metode Penelitian Hukum, Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Zulkarnain Ibrahim. Hakekat Hukum Pengupahan Dalam Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Sosial Pekerja. Jurnal Masalah-Masalah Hukum. Volume 44. Nomor 1. Tahun 2015.

Romi. Kepastian Hukum Pengaturan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Dari Perspektif Peraturan Perundang-Undangan Ketenagakerjaan. Jurnal Ilmu Hukum Yustisia. Tahun 19. Volume 2. Juli-Desember 2012.

Published
2018-06-13
How to Cite
Handayani, F., & Angrayni, L. (2018). Problematika Ketenagakerjaan di Kota Batam Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jurnal Hukum Respublica, 16(2), 267-282. https://doi.org/10.31849/respublica.v16i2.1440
Abstract viewed = 227 times
full text downloaded = 71 times