PENGARUH DAYA DUKUNG PONDASI TIANG BETON BERTULANG BAMBU TERHADAP TANAH GAMBUT

  • Susy Srihandayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
Keywords: pondasi tiang, tulangan bambu, daya dukung, tanah gambut

Abstract

Berbagai kerugian dan kerusakan bangunan yang terjadi akibat kegagalan pondasi pada tanah sulit. Berbagai macam jenis pondasi pada tanah lunak telah diciptakan untuk mengatasi kegagalan tersebut, dengan nilai untuk sebuah pondasi bangunan relatif mahal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang lebih baik untuk mengatasi masalah pondasi tersebut khususnya pada tanah gambut. Dalam penelitian ini mendisain sebuah pondasi yang bisa digunakan pada tanah gambut. Pondasi berbahan beton minimalis menggunakan tulangan bambu divariasikan menggunakan jumlah batang dan diameternya. Sampel pondasi beton di rancang di laboratorium, dan setelah umur beton tersebut mencukupi, dilakukan pengujian dilapangan dan diberikan beban secara vertikal. Selama pengujian dilakukan pencatatan beban secara vertikal diberikan dan penurunan yang terjadi. Dari pengujian dan analisis ini maka dapat dilihat kekuatan daya dukung dan penurunan pondasi di tanah gambut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk menentukan pondasi, dan pemanfaatan bambu sebagai bahan penganti tulangan besi pada pondasi beton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandhita G., 2017, Anyaman Bambu sebagai Tulangan Panel Beton Pracetak

Hakam A., 2008, Teknik Pondasi; Untuk Mahasiswa dan Praktisi, Bintang Grafika, Padang.

Srihandayani S., 2017, Korelasi Insitu CBR Test terhadap Daya Dukung Tanah Ekspansif dengan Perkuatan Anyaman Bambu , Prosiding Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Dumai 1 (1)

Srihandayani S., 2017, Pengaruh Tanah Ekspansif pada Bangunan Sipil dan Solusinya, Jurnal Unitek Vol. 10 Sekolah Tinggi Teknologi Dumai 1 (1)

Srihandayani S., 2018, Bearing capacity of floating foundations used PVC (Poly Vinyl Chloride) on soft soil with the scale , International Journal of Engineering and Technology (UAE) Vol 7, Issue: 2.5 Special Issue 5
Published
2019-04-15
How to Cite
Srihandayani, S. (2019). PENGARUH DAYA DUKUNG PONDASI TIANG BETON BERTULANG BAMBU TERHADAP TANAH GAMBUT. SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 31-38. https://doi.org/10.31849/siklus.v5i1.2413
Section
Articles