Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Triple Constraint Proyek Konstruksi Akibat Pandemi Covid-19

  • Monika Natalia Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Riswandi R Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Devie Oktaviani Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Meldia Hayati Putri Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
Keywords: covid-19, kendala proyek, triple constraint

Abstract

Proyek konstruksi mempunyai sasaran (target) tertentu dengan batasan-batasan mutu pekerjaan, anggaran dan jadwal, yang dikenal sebagai triple constraint. Perbedaan keberhasilan proyek disebabkan karena tiap proyek mempunyai  permasalahan/kendala yang berbeda. Permasalahan proyek konstruksi di Indonesia khususnya Kota Jakarta semakin pelik sejak pandemi covid-19. Hal ini disebabkan kesulitan pengadaan material kontruksi, pembatasan pekerja (social distancing), kondisi keuangan, sulitnya mengurus keadministrasian karena kantor pemerintahan memberlakukan work from home (WFH), pembatasan memasuki Kota Jakarta dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kendala (pertambahan biaya dan keterlambatan) serta berapa besar pengaruhnya terhadap pelaksanaan proyek konstruksi di Kota Jakarta selama pandemi covid-19. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, dengan pengambilan data dari penyebaran kuesioner kepada 38 responden yang terdiri dari, project manager, construction manager, engineer, inspektor, QHSE, K3L, dan safety officer. Kuesioner diolah dengan program SPSS v.22, untuk uji validitas, uji  reliabilitas, uji korelasi dan uji regresi. Dari hasil analisa regresi  dengan uji t didapatkan 3 faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan proyek konstruksi selama pandemi covid-19 di Jakarta yaitu  kualitas bahan yang kurang baik (faktor material),  penerapan teknologi baru yang belum dikuasai dengan baik (metode kostruksi)  dan sulit melihat laporan laba rugi per proyek (biaya).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agritama RP, Huda M dan Rini TS. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlamabatan Proyek Konstruksi di Surabaya. Axial, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, 6(1), 25-32.
Alifta, Rossela A, Hudori M. (2021). Analisis Faktor Penyebab kendala Pada Proyek Peningkatan Jalan (Studi Kasus: Jalan Simpang Marina-Simpang Base Camp Kota Batam). Conference on Community Engagement Project. 1(1), 67-70.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Penerbit Rineka
Cipta.
Dartok, Rabbito Tycoon (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Waktu Pelaksanaan Proyek di Kota Batam. Undergraduate Thesis, Universitas Internasional Batam.
Elizabeth PN, Malingkas GY dan Mangare JB. (2020). Analisis Penyebab Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek pada Perumahan Grand Victoria Kairagi. Jurnal Sipil Statik, 8(4), 621-626.
Gunawan, Afifuddin M dan Majid IB. (2014). Critical Succes factors Pelaksanaan Proyek Konstruksi Jalan dan Jembatan Di Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Teknik Sipil Pasca Sarjana Insyiah, 3(1), 15-25.
Messah YA, Widodo T dan Adoe ML. (2013). Kajian Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Gedung di Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, II(2), 157-168.
Nainggolan, 2012,”Theory of Constraint dalam Manajemen Konstruksi khususnya di Bidang Pelaksanaan Pembangunan Perumahan di Yogyakarta, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Universitas Atmajaya.
Natalia M, Partawijaya Y, (2018). Analisis Critical Success Factors Proyek Konstruksi di Kota Padang. Jurnal Fondasi, 6(2) 90-99.
Poluakan, (2017). Kendala saat pelaksanan proyek konstruksi, https://ukirama.com/id/blogs/4-hal-yang-perlu-diperhatikan-ketika-menjalankan-proyek-konstruksi-bangunan.
Sahid MN, Setianingsih I, Solikhin M, Mulyono GS dan Rahman BFN. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penting Penyebab Masalah Penambahan Biaya Pada Proyek Jalan Kabupaten Klaten. Jurnal Media Teknik Sipil, 17(2), 1-8. doi.org/10.22219/jmts.v17i2.9745.
Sulaiman M, Munirwansyah dan Azmeri. (2017). Analisis Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Dari Waktu Pelaksanaan di Provinsi Aceh Jurnal Teknik Sipil, 1(2), 405-418.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung.
Wirabakti DM, Abdullah Rahman dan Maddeppungeng Andi. (2014). Studi Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Konstruksia, 6(1), 15-29.
Wiyana EW. (2012). Analisis Kegagalan Konstruksi dan Bangunan Dari Perspektif Faktor Teknis. Wahana Teknik Sipil. 17(2), 77-86.
Published
2021-09-21
How to Cite
Natalia, M., R, R., Oktaviani, D., & Putri, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Triple Constraint Proyek Konstruksi Akibat Pandemi Covid-19. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 7(2), 160-174. https://doi.org/10.31849/siklus.v7i2.7397
Section
Articles
Abstract viewed = 944 times
pdf downloaded = 715 times