Studi Peralihan Daya Listrik dari PLN ke Generator Set (Genset) Ketika Terjadi Pemadaman dari PLN dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru

  • Nomon Muranto Prodi Teknik Elektro Unilak
  • Atmam Prodi Teknik Elektro Unilak
  • Zulfahri .
Keywords: Generator-set, Uninterruptible Power Supply

Abstract

Hotel Grand Elite Pekanbaru mendapat suplai daya listrik dari PLN sebesar 1250 kVA dan mempunyai tiga buah unit Generator-set (Genset) kapasitas 500 kVA sebagai back-up suplai daya listrik apabila terjadinya pemadaman listrik dari PLN. Namun demikian penggunaan genset tersebut tidak dapat melayani beban secara cepat dimana hal ini disebabkan adanya kerusakan pada rangkaian Automatic Transfer Switch (ATS). Untuk itu diperlukan rancangan sistem suplai daya tak terputus yang dapat menyuplai beban, khususnya beban emergency dengan menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Dari hasil penelitian diperoleh total beban emergency Hotel Grand Elite Pekanbaru sebesar 125,779 kVA terdiri dari beban lift 32,670 kVA dan beban Elite Fitnes Center 67,952 kVA sehingga diperlukan kapasitas UPS sebesar 150 kVA. Penambahan suplai daya UPS sangat cocok karena disamping sebagai solusi akibat kurangnya daya listrik ketika terjadi pemadaman dari PLN dan juga dapat memback-up beban emergency pada Hotel Grand Elite Pekanbaru. Kata kunci : Generator-set, Uninterruptible Power Supply

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Suyatmo, F. 2008. Teknik Listrik Arus Searah (ketujuh). Jakarta: Bumi Aksara.
[2] Mufrizon, Eddon. 2016. Inspeksi Pengujian Tenaga Listrik (kedua). Pekanbaru: Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral.
[3] Harvizon. 2005. Analisa Sistem Suplai Daya Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Pekanbaru. Pekanbaru: Tugas Akhir Universitas Lancang Kuning.
[4] Tampubolon, T. 2006. Studi Perencanaan Instalasi Tak Terputus Pada Instrument Loading System di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning.
[5] Manfrigos. 2015. Studi Uninteruptible Power Supply (UPS) Tipe Online Untuk Suplai Daya Pada Distributed Control System (DCS) Di area CL02-11 PT. IKPP. Universitas Lancang Kuning.
[6] PUIL 2000. BSN (Badan Standar Nasional).
Published
2018-12-29
How to Cite
[1]
N. Muranto, Atmam, and Z. ., “Studi Peralihan Daya Listrik dari PLN ke Generator Set (Genset) Ketika Terjadi Pemadaman dari PLN dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru”, SainETIn, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, Dec. 2018.
Section
Articles
Abstract viewed = 1353 times
pdf downloaded = 3151 times

Most read articles by the same author(s)