Mie Kopi (MIKOP)

  • Yunita Pane Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: nitabawel123

Abstract

Dunia usaha dalam bidang penjualan atau pemasaran adalah salah satu mata pencaharian pada umumnya. Salah satu bentuk UMKM dapat dilihat dengan banyak berdirinya warung kopi/cafe yang akhir ini cukup berkembang pesat. Faktor perkembangan pesat usaha ini salah satu penyebabnya adalah adanya sistem promosi yang mudah yaitu melalui Media Sosial dan adanya aplikasi order on line jasa order dengan transportasi on line. Kopi merupakan minuman paling favorit dari berbagai kalangan. Meningkatnya konsumsi kopi beriringan dengan sifat konsumtif dan perubahan gaya hidup masyarakat. Minum kopi bukan lagi hanya sekedar penghilang rasa kantuk tetapi sudah berubah menjadi gaya hidup. Akan tetapi yang harus dilihat dari kopi adalah dampak bahaya apabila terlalu banyak mengkonsumsinya, Tim Pengabdian bekerja sama dengan mitra mencoba membuat inovasi baru untuk mengurangi kadar kafein pada kopi yaitu dengan membuat Mie yang terbuat dari kopi (MIKOP). Biasanya mitra hanya membuat mie organik sayuran saja sehingga belum ada kreasi yang lain. Untuk itu Tim Pengabdian mencoba bekerja sama membantu mitra berinovasi untuk menjadikan makanan sehat bagi konsumen khususnya bagi pencinta kopi. Dalam hal ini mitra belum faham untuk membuat produknya maka tim pengabdian mencoba membantu pelatihan dalam pembuatan mikop. Dengan adanya pengabdian yang telah dilaksanakan maka mitra merasa senang karena bertambah ilmu yang didapat yaitu. 1.Pengolahan  kreasi mie terbaru yang terbuat dari kopi, 2.Memahami system pengelolaan manajemen, 3. Memahami membuat desain yang menarik untuk kemasan produk.

 

Kata kunci: Mie, Kopi, Manajemen

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ega Ash Yokawati Y and Wachjar A, 2019 Pengelolaan Panen dan Pascapanen Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kebun Kalisat Jampit, Bondowoso, Jawa Timur Bul Agrohorti 7, 3 p. 343–350.
[2] Pradipta K, 2017 Jurnal Review Perbedaan Air Seduh terhadap Persepsi Multisensoris Kopi J Pangan dan Agroindustri 5, 1 p. 85–91.
[3] Maulidan M and Alam T S, 2018 Insomnia dan Kecemasan pada Masyarakat yang Mengkonsumsi Kopi Jim Fkep 3, 3 p. 241–247.
[4] Agustia F C Subardjo Y P and Sitasari A, 2016 Formulasi Dan Karakterisasi Mi Bebas Gluten Tinggi Protein Berbahan Pati Sagu Yang Disubstitusi Tepung Kacang-Kacangan J Gizi dan Pangan 11, 3 p. 183–190.
[5] AR C Rahmiyati T M and Zikrillah Z, 2019 The Effect of Use of Red Dragon Leather Skin Extract and Long Storage to Water Content, Total Microby and Organoleptic Test Wet Noodle Serambi J Agric Technol 1, 1 p. 43–51.
[6] Risti Y and Rahayuni A, 2013 Pengaruh Penambahan Telur Terhadap Kadar Protein, Serat, Tingkat Kekenyalan Dan Penerimaan Mie Basah Bebas Gluten Berbahan Baku Tepung Komposit. (Tepung Komposit : Tepung Mocaf, Tapioka Dan Maizena) J Nutr Coll 2, 4 p. 696–703.
[7] Sartika M, 2013 Kualitas Crackers Daun Pepaya (Carica papaya L.) Dengan Subtitusi Pati Batang Aren (Arenga pinnata Merr.) S1 thesis, UAJY 100, 1972 p. 6–10.
[8] Astuti D Sastra M and Wati L, 2022 Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan di Politeknik Negeri Bengkalis 6, 3.
[9] Novayanti K Dewi K and Mahyuni L P, 2022 Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha 6, 3 p. 716–724.
[10] Najib M F Agustunus Februadi Tjetjep Djarnika Wahyu Rafdinal Carolina Magdalena Lasambouw and Neneng Nuryati, 2022 Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat Din J Pengabdi Kpd Masy 6, 1 p. 56–64.
Published
2022-10-30
How to Cite
Pane, Y. (2022). Mie Kopi (MIKOP). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1304-1309. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11158
Abstract viewed = 413 times
PDF downloaded = 306 times