Penguatan Badan Usaha Milik Nagari Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas

  • Adil Mubarak Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Universitas Negeri Padang
  • Aldri Frinaldi Universitas Negeri Padang
Keywords: Badan Usaha; Potensi Nagari; Model Bisnis; Model Bisnis canvas

Abstract

Badan usaha milik nagari (BUMNag) adalah wadah untuk mengelola kekayaan nagari menjadi usaha yang bernilai ekonomis dalam meningkatkan pendapatan asli nagari serta menjamin meningkatnya pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat nagari. Pada pasal 1 angka 6 UU Desa menyebutkan BUMDes adalah badan usaha yang bergerak untuk mengembangkan unit usaha melalui pengelolaan aset dan kekayaan yang dimiliki oleh Desa.  BUMNag tidak dapat menjalankan peran strategis tersebut.  Nagari Sikabau memilki potensi disektor pertanian dan perkebunan, namun belum tergarap secara maksimal. BUMNag belum berhasil berinovasi menciptakan unit usaha yang mengasilkan keuntungan, belum ada model bisnis yang baik. Berdasarkan kondisi tersebut tim pengabdi bekerjasama dengan Pengelola BUMNag Bukit Gadang Mandiri Nagari Sikabau melaksanakan program kemitraan masyarakat. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengelola BUMNag untuk mendisain model bisnis di sektor perkebunan dan pertanian. Program ini dilaksanakan melalui Pendidikan dan pelatihan, memberikan literasi tentang potensi usaha bidang perkebunan dan pertanian dan melatih pengelola membuat model bisnis canvas sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan pengelola BUMNag terhadap model bisnis, meningkatnya keahlian pengelola dalam membuat model bisnis kanvas serta meningkatnya motivasi pengelola dalam mengelola BUMNag secara professional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Ali. 2021. “BUMNag Antara Harapan Dan Kenyataan.” Benteng Sumbar, 1.

Chandra, Devyana. 2016. “Model Bisnis Pada Perusahaan X Menggunakan Business Model Canvas.” AGORA 4 No.1:18.

Desa, UU. 2014. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Manajemen, Tim PPM. 2012. Business Model Canvas. Jakarta: Penerbit PPM.

Mubarak, Adil. 2014. “Peran Ormas Dalam Menjalankan Fungsi Pemerintah Dalam Bidang Pemberdayaan.” in PII Fis - Seminar Nasional UT. Tanggerang Selatan: repository.ut.ac.id.

Mubarak, Adil, Syamsir, and Aldri Frinaldi. 2019. “Workshop Pengelolaan Lahan Bekas Tambang Bagi Aparatur Pemerintah Nagari Sikabau Dan Nagari Tebing Tinggi Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.” in Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat. Pekan baru.

Nagari, Peraturan. n.d. Peraturan Nagari Sikabau No.3 Tahun 2016.

Nasip, Ismiriati, Eka Sudarmaji. 2017. “Model Bisnis Kanvas : Alat Untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru Bagi Pengusaha UKM Indonesia.” in 1st National Conference on Business and Entrepreneurship. Surabaya: Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra.

Osterwalder, A., & pigneur, Y. 2010. Bussines Model Generation. . New jersey: simultaneously.

R.W. Suparyanto, S.E., MM. 2015. KEWIRAUSAHAAN : Konsep Dan Realita Pada Usaha Kecil. Bandung: ALFABETA.

Risa, Yulia, Engrina Fauzi, and Jelisye Putri Cenery. 2019. “Peranan Pendirian Badan Usaha Milik Nagari Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.” Jurnal Ius Constituendum 4(2):195–206. doi: http://dx.doi.org/10.26623/jic.v4i2.1657.

Sikabau, Pemerintah Nagari. 2016. Profil Badan Usaha Milik Nagari Bukit Gadang Mandiri Nagari Sikabau.

Sulastri, Lilis. 2016. Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha. LGM - LaGood’s Publishing.

Published
2022-10-30
How to Cite
Adil Mubarak, Syamsir, & Aldri Frinaldi. (2022). Penguatan Badan Usaha Milik Nagari Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1282-1290. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11491
Abstract viewed = 128 times
PDF downloaded = 83 times