Psychological Capital Psychoeducation for Persons with Disabilities in Kediri Regency (PDKK)
Psikoedukasi Psychological Capital pada Penyandang Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK)
Abstract
Penyandang disabilitas masih dianggap sebagai pihak yang memiliki keterbatasan yang menyebabkan penyandangnya menjadi tidak percaya diri. Hal ini berakibat pada kemandirian penyandang disabilitas yang bergantung pada orang lain, padahal mereka hanya memiliki keterbatasan, bukan ketidakmampuan secara menyeluruh. Pengabdian ini berupaya menggali potensi dari dalam diri penyandang disabilitas yang tergabung di Penyandang Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK). Penggalian potensi yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan memberikan psikoedukasi tentang psychological capital atau modal psikologis sebagai upaya internal pengenalan diri dan potensi diri yang dimiliki masing-masing individu. Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan tentang psychological capital pada masing-masing individu. Peserta pengabdian juga diberikan kesempatan untuk melakukan identifikasi potensi diri yang dimiliki berdasarkan materi tentang psychological capital. Pengabdian ini menunjukkan pengenalan dan penggalian potensi diri pada penyandang disabilitas menjadi salah satu pintu untuk melakukan pemberdayaan pada penyandang disabilitas.
Downloads
References
Aisyah, N. (2019). Menggali Potensi Diri (I). Perdana Publishing.
Aulia, F. D., & Apsari, N. C. (2020). Peran pekerja sosial dalam pembentukan kemandirian activity of daily living penyandang disabilitas netra. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 377–386. https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/28425
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Cendrawati, Mega Ayu. 2018. Psychological capital dan kinerja pada pekerja penyandang disabilitas usaha kecil dan menengah (ukm) di yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Indonesia
Fathimah, K., & Apsari, N. C. (2020). Aksesibilitas sebagai bentuk kemandirian disabilitas fisik dalam mengakses fasilitas pelayanan publik ditinjau dari activity daily living. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 120–132. https://jurnal.unpad.ac.id/jkrk/article/view/29121
Harjito, B., Qurrat ‘Aini, M. R., & Kulsum, E. R. U. (2022). Pelatihan Ecoprint dan TieDye bagi Warga Berkebutuhan Khusus Desa Ngreco Weru Sukoharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 678–684. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10135
Imansyah, M. R., & Muhid, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian pada Penyandang Disabilitas Melalui Pelatihan Kemandirian ADL (Activity of Daily Living). PEKSOS: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 21(1), 75–83.
Khairunnisa, Kania. 2019. Hubungan psychological capital terhadap kepuasan kerja pada pekerja ukm penyandang disabilitas di yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Indonesia
Kusuma, A., & Handayani, R. R. L. (2024). RRI.co.id - Ciptakan Media Ramah Disabilitas, RRI Kediri Gandeng PDKK. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/519118/ciptakan-media-ramah-disabilitas-rri-kediri-gandeng-pdkk
Lintang Citra Christiani, Ikasari, P. N., & Nisa, F. K. (2021). Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 276–286. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4650
Luthans, F., & Youssef-Morgan, C. M. (2015). Psychological Capital and Beyond (1st ed.). Oxford University Press.
Megawati Tirtawinata, C. (2013). Mengenal dan menemukan diri melalui kebersamaan dengan orang lain. Humaniora, 4(No. 2), 1309–1319. httpd://media.neliti.com
PPDI. (2023). Sejarah PPDI – DPP PPDI. Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia. https://ppdi.or.id/sejarah/
Prahara, S. A., Marhaeni, N. H., & Setyaningtyas, A. D. A. (2023). Peningkatan Perekonomian Komunitas Difabel Gumregah Yogyakarta Melalui Pelatihan Ekonomi Kreatif. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 657–664. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14356
Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi (I). Universitas Sanata Dharma.