PENDEKATAN THERAPLAY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERMAIN DENGAN ANAK PENYANDANG KANKER
Abstract
Sekolah-ku’ merupakan suatu program yang bertujuan memberikan kesempatan anak-anak penyandang kanker untuk belajar bagi yang ingin mengikuti pelajaran sekolahnya sehingga bila mereka telah menyelesaikan pengobatan/ perawatan penyakit kanker dapat segera mengikuti pelajaran kembali. Tujuan dari intervensi ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru ‘Sekolah-ku’ dalam menerapkan prinsip-prinsip theraplay dalam kegiatan pembelajaran dan interaksi dengan anak didik penderita kanker. Untuk mengetahui efek dari pelatihan, akan dilakukan pengetahuan prinsip dan aplikasi Theraplay sebelum dan sesudah pelatihan. Evaluasi dari efek pelatihan dilakukan dengan membandingkan pengetahuan prinsip dan aplikasi Theraplay sebelum dan sesudah pelatihan. Terdapat perbedaan pengetahuan perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan mengenai theraplay (Z=-3.236, p<0.05) pada peserta pelatihan sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan. Dari hasil follow up tampak bahwa perilaku yang mengindikasikan dimensi-dimensi dalam theraplay telah muncul sebesar 52,78% hingga 86,11%. Hasil ini menandakan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru ‘Sekolah-ku’ dalam menerapkan prinsip-prinsip theraplay dalam kegiatan pembelajaran dan interaksi dengan anak didik penderita kanker.
Downloads
References
American Cancer Society. Cancer Facts & Figures 2015. Atlanta, GA: American Cancer Society; 2015
Davidson, B., Satchi, N. S., & Venkatesan, L. (2017). Effectiveness of Play Therapy upon Anxiety among Hospitalised. International Journal Of Advence Research, Volume 3 No. 5
Wettig, H. H. G., Franke, U., & Fjordbak, B. S. (2006). Evaluating the Effectiveness of theraplay. In C. E. Schaefer & H. G. Kaduson (Eds.), Contemporary play therapy: Theory, research, and practice (pp. 103-135). New York, NY, US: Guilford press.