PELATIHAN TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI PKK BUKIT BESTARI KOTA TANJUNG PINANG

  • Fitridawati Soehardi Universitas Lancang Kuning
  • Dwi Vita Lestari Soehardi STAI Miftahu’ulum Tanjung Pinang
Keywords: Pelatihan, Tata Rias, PKK

Abstract

Penampilan bagi wanita merupakan salah satu cara dalam bersosialisasi. Penampilan rapi, bersih dan baik cendrung diperlakukan dengan baik pula oleh orang lain, terutama bagi wanita yang bekerja dituntut harus memberikan penampilan yang baik dalam memberikan pelayanan untuk memberikan kesan professional dan memberikan suasana nyaman bagi orang lain. Hal ini merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian dari Kelompok PKK Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau. Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada anggota kelompok PKK dengan melaksanakan Pelatihan tata rias diikuti oleh 15 orang. Pelatihan  Tata Rias ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan praktis dan paraktek langsung menggunakan alat-alat tata rias khususnya wajah untuk kegiatan sehari-hari. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktek. Berdasarkan Hasil pelatihan yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan kemampuan para peserta dan besarnya antusias peserta terhadap kegiatan ini. Karena kegiatan pelatihan ini memberikan nilai pengetahuan yang  dapat diterapkan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari, dalam pergaulan maupun di rumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Efendi,Y.K.2017, Pelatihan Tata Rias Wajah Bagi Tenaga Administrasi Wanita di Lingkungan Universitas PGRI Banyuwangi, Jati Emas ( Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.2, Forum Dosen Indonesia( FDI)-DPD Jatim.
[2] D. Purnamasari, 2013, Pelaksanaan Program Keterampilan Tata Rias Sebagai Upaya Memberdayakan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), Tridadi, Sleman, Yogyakarta, Skripsi, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas, Negeri Yogyakarta.
[3] D. F. Herasafitri, U. W. Rahajeng, T. Sarirah, 2016, Wake Up and Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan Terhadap Attractiveness, Mediapsi 2(2): 30-37 .
[4] D. R. Rukmawati, I. Dzulkarnain, Konstruksi Kecantikan di Kalangan Wanita Karier (di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan), Prodi Sosiologi FISIB, Universitas Trunojoyo, Madura .
[5] Mega Ida Fatmawati, Model pelatihan Tata Rias Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Mutiara Aini, J+Plus Unesa, Volume 2 No.2, Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar sekolah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya .
[6] Mangkunegara,A.P. 2006. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung. PT. Refika Aditama .
[7] Anwar, 2006.Pendidikan kecakapan Hidup ( Life Skill Education). Bandung CV.ALFABETA
[8] Sofi kumala Fatma. 2019. “Bingung dengan bentuk Wajahmu? Ketahui Ciri-cirinya disini”, https://www.popbela.com/beauty/make-up/sofi-kumala/bingung-apa-bentuk-wajahmu-ketahui-ciri-cirinya-di-sini/full. Diakses Tanggal 9 Mei 2019
[9] Ariata. 2018. “11 Produk Makeup yang wajib dimiliki pemula”, https://id.priceprice.com/kecantikan/news/11-Produk-Makeup-yang-Wajib-Dimiliki-Pemula-6837/. Diakses tanggal 10 Mei 2019
[10] Yuli Kartika. 2017. Pelatihan Tata Rias wajah bagi Tenaga Administrasi Wanita di Lingkungan Universitas PGRI Banyuwangi. Jurnal Jati Emas Volume 1 No.2 Oktober, Forum Dosen Indonesia FDI-DPD Jawa Timur.
Published
2019-06-30
How to Cite
Fitridawati Soehardi, & Dwi Vita Lestari Soehardi. (2019). PELATIHAN TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI PKK BUKIT BESTARI KOTA TANJUNG PINANG. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(Juni), 156-165. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i0.2944
Abstract viewed = 1485 times
PDF downloaded = 992 times