Pelatihan Pengujian In-Situ Tanah bagi laboran Muda Mekanika Tanah

  • Susy Srihandayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Fitridawati Soehardi Universitas Lancang Kuning
  • Lusi Dwi Putri Universitas Lancang Kuning
  • Winayati Winayati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pelatihan, pengujian In-Situ Tanah, laboran

Abstract

In-situ test adalah salah satu metode pengujian geomekanika yang pelaksanaannya dilakukan langsung di lapangan, tanpa pengambilan percontoh untuk laboratorium. Rendahnya minat laboran dalam mendalami bidang mekanika tanah khususnya pengujian tanah baik di lapangan maupun di laboratorium. Hal ini di sebabkan oleh para laboran menganggab bahwa pengembangan keahlian dalam menggunakan peralatan pengujian dan pengolahan data mekanika tanah cukup sulit dan mahal. HIMATESI merupakan sebuah himpunan mahasiswa yang beranggotakan para peneliti muda, laboran muda atau mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian dan pengujian mekanika tanah. Mitra menyadari perlu peningkatan pemahaman tentang pengujian In-Situ tanah. Namun disisi lain menjadi ketakutan tersendiri bagi mitra tentang penyelsaiaan permasalahan yang timbul dalam pengujian In-Situ tanah pada saat pelaksanaan dilapangan. Perguruan tinggi menjawab persoalan mitra dengan memberikan pengetahuan tentang pengujian In-Situ tanah dan pelatihan penggunaan peralatan pengujian In-Situ tanah serta trik-trik menhadapi permasalahan dalam pengujian In-Situ tanah pengujian In-Situ tanah secara gratis. Kegiatan Pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pengujian In-Situ Tanah bagi laboran mekanika tanah  yang diadakan bertujuan untuk memberikan bekal informasi tentang tentang pengenalan dan penggunaan alat pengujian In-Situ seperti Dynamic Cone Penetrometer, alat Handbore dan alat Sandcone. Hasil pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan peserta terhadap penggunaan alat pengujian In-situ tanah dan trik-trik dalam mengatasi permasalahan dilapangan terhadap penggunaan alat Insitu sehingga diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat dalam pelaksanaan dilapangan nantinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadijah, I. (2015). Analisis Kepadatan Lapangan Dengan sand cone Pada Kegiatan Peningkatan Struktur Jalan Tegineneng – Batas Kota Metro. TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 4(2), 87–92.

J.E.R. Sumampouw. (2010). Analisis pengujian CBR lapangan dan CBR laboratorium pada tanah dasar infrastruktur manado selatan. TEKNO, 07(52), 46–52. Retrieved from http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html

Kementrian PUPR. Manual Petunjuk Teknis Pengujian Tanah (2021). Indonesia.

Lengkong, P. I. L., Monintja, S., Sompie, O. B. A., & Sumampouw, J. E. R. (2013). Hubungan Nilai CBR Laboratorium dan DCP pada Tanah yang dipadatkan pada ruas Jalan Wori-Likupang Kabupaten minahasa utara. Jurnal Sipil Statik, 1(5), 368–376.

Malauw, K. anaya, Sidik, A., & Pramudito, H. (2018). Penentuan Metode Penyelidikan Tanah / Batuan Bawah Permukaan Dan Jenis Bor , Dalam Rangka Penyiapan Tapak Bendungan Ameroro, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. In Seminar Nasional Cendekiawan ke 14 Tahun 2018, Buku 1: “Teknik, Kedokteran Hewan, Kesehatan, Lingkungan dan Lanskap” (pp. 405–409).

N, M. H. D., & MS, M. (2017). Analisis Kestabilan Lubang Bukaan Dengan Pengujian Flat Jack Pada Dinding Tunnel 1 Tambang Bawah Tanah PT Allied. Jurnal Bina Tambang, 5(2), 136–146.

Permatasari, S. (2018). Analisis Kepadatan Tanah Dengan Menggunakan Alat Dcp (Dinamic Cone Penetration) Di Desa Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu. In Seminar Nasional Riset Terapan (Vol. 5662, pp. 27–33).

Prayogo, K., & Saptowati, H. (2016). Penyelidikan struktur dan karakteriistik tanah untuk desain Pondasi Iridiatir Gamma kapasitas 2 MCi. Jurnal Perangkat Nuklir, 10(1), 30–49.

Srihandayani, S., Studi, P., & Dumai, T. (2019). Pengenalan Soil Investigasi Untuk Siswa SMK Bangunan Sebagai Dasar Pengetahuan Desain Pondasi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(special issue juni), 166–170.

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan raya. Bandung: Nova.

Yanti, G., Zainuri, & Megasari, S. W. (2017). Analisis Pengaruh Pelatihan Teknologi Penyondiran Pada Usaha Mikro Kontruksi Di kota pekanbaru. SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil, 1729(April), 39–48.

Published
2021-12-28
How to Cite
Srihandayani, S., Fitridawati Soehardi, Putri, L. D., & Winayati, W. (2021). Pelatihan Pengujian In-Situ Tanah bagi laboran Muda Mekanika Tanah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1559-1565. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8669
Abstract viewed = 773 times
PDF downloaded = 424 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>