Pelatihan Desain Situs Web Sekolah pada SMA Brigjend Katamso Medan dengan menggunakan Adobe Dreamweaver
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ditujukan untuk membekali siswa-siswi pelatihan dalam menghadapi perkembangan teknologi yaitu dengan pengenalan ilmu web dasar yang semakin dibutuhkan di tingkat sekolah menengah dengan harapan, siswa-siswi mampu mendesain rancangan situs web sekolah. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di laboratorium SMA mitra. Sebelum mengikuti pelatihan siswa-siswi diberikan pretest untuk mengukur pemahaman dan kemampuan awal. Kemudian siswa-siswi diberikan e-modul dan diajarkan desain situs web menggunakan Adobe Dreamweaver. Tim pengabdian pada masyarakat memilih Adobe Dreamweaver karena aplikasi tersebut memberikan kemudahan mendesain tanpa perlu menghapal tag-tag HTML maupun mempelajari bahasa markah lainnya. Setelah itu, siswa-siswi diberikan kesempatan secara mandiri mendesain situs web sekolah mereka. Di akhir kegiatan pelatihan, siswa-siswi diminta untuk mengisi posttest dan kuesioner untuk mengukur keberhasilan pelatihan. Hasil rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai posttest menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan siswa-siswi sekolah mitra kali ini. Di samping itu, hasil penilaian kuesioner juga menunjukkan siswa-siswi puas dengan pelatihan yang diberikan.
Downloads
References
Dapodikbud. (2020). Sekolah Kita. Retrieved from http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/E299916B-226F-4C89 9A60-A52C2F119CB5
Dharmawati, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3751
Hendra Kurniawan. (2019). Literasi Digital bagi Generasi Milenial Melalui Website, 103–111.
Katamso, Y. P. B. (2020). Prestasi Yayasan Perguruan Brigjend Katamso. Retrieved from Yayasan Perguruan Brigjend Katamso
Kemdikbud. (2020). Data Sekolah. Retrieved from http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/F7F5C055-F6B9-4D69-98B3-193E57475562
Knapp, T. R. (2016). Why Is the One-Group Pretest–Posttest Design Still Used? Clinical Nursing Research, 25(5), 467–472. https://doi.org/10.1177/1054773816666280
Lestari, K., & Puspaningrum, E. Y. (2017). WEBSITE PROFIL SEBAGAI SARANA PENGENALAN SEKOLAH DENGAN PEMROGAMAN PHP DAN MySQL, XII(1), 13–18.
McCoy, S., Everard, A., Galletta, D. F., & Moody, G. D. (2017). Here we go again! The impact of website ad repetition on recall, intrusiveness, attitudes, and site revisit intentions. Information and Management, 54(1), 14–24. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.03.005
Supriyono, H., Sutopo, A., Nursyahid, H., Kurniawan, B. A., Fahrudin, I. N., Handoko, D., … Kurniawan, D. C. (2016). Penerapan Teknologi Web Sekolah Bagi Smp Dan Sma Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 19(1), 39–52. https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1983
Taddeo, C., & Barnes, A. (2016). The school website: Facilitating communication engagement and learning. British Journal of Educational Technology, 47(2), 421–436. https://doi.org/10.1111/bjet.12229