KLASIFIKASI GAYA BELAJAR VISUAL-AUDIOTORYKINESTHETIC (V-A-K) MAHASISWA BERBASIS JST MENGGUNAKAN ALGORITMA PERCEPTRON

  • Lucky Lhaura Van FC Universitas Lancang Kuning
Keywords: Jaringan Syaraf Tiruan, Gaya Belajar, Metode Perceptron, Artificial Neural Networks, Learning Styles, Perceptron Method

Abstract

Abstrak- Modalitas atau gaya belajar dalam proses pembelajaran mempunyai dominasi masing-masing. Ada seseorang yang dalam proses menerima informasi didominasi oleh mata dan disebut gaya belajar visual dan bila indera pendengaran yang mendominasi maka orang tersebut dikatakan memiliki gaya belajar auditori dan kalau sesorang lebih menyukai keterlibatan fisik maka dia mempunyai gaya belajar kinestetik. Apabila kita ingin mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa pada kelas tertentu dengan cara yang lebih valid, maka sebaiknya diketahui melalui angket yang harus diisi oleh mahasiswa tersebut. Statement yang harus diisi pada angket mengarah kepada karakteristik dari masing-masing gaya belajar. Dari angket ini nanti akan ditemukan presentase mahasiswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Kemudian diolah secara komputerisasi yang berbasis JST dengan metode perceptron.
Kata kunci: Jaringan Syaraf Tiruan, Gaya Belajar, Metode Perceptron

Abstract- Modalities or styles of learning in the learning process has dominance respectively. There is someone in the process of receiving information dominated by the eye and called a visual learning style and when the sense of hearing which dominates then the person is said to have an auditory learning style and if someone prefers physical involvement he has a kinesthetic learning style. If we want to identify the learning styles of students in a particular class in a manner that is valid, then it should be made known through a questionnaire to be completed by the student. Statement to be filled in the questionnaire leads to the characteristics of each learning style. From this questionnaire will be found the percentage of students who have learning styles of visual, auditory and kinesthetic. Then processed in a computerized neural network with perceptron method.
Keywords: Artificial Neural Networks, Learning Styles, Perceptron Method

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Afriyanti,Liza.2010.Rancang Bangun Toll Untuk Jaringan Syaraf Tiruan (JST)Model Perceptron.ISBN : 1907-5022
[2] Azmi,Zulfian.2011.Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Pembukaan Permainan Catur.Jurnal SAINTIKOM.Vol 10 No 1
[3] Gunawan,Gladys.2011.Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun.Banjarmasin
[4] Kusuma,Haryo.2011.Analis Perbandingan Pengenalan Tanda Tangan dengan Menggunakan Metode Perceptron dan Backpropagation.Jakarta
[5] Mazarina,Devi.2010.Analis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Status Gizi Balita Di Pedesaan
[6] Siang,J.J.(2009)."Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan matlab.",Andi,Yogjakarta
[7] Sinaga,Alex.2011.Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Penentuan Konsentrasi Program Studi Bagi Calon Mahasiswa Baru STMIK BUDIDDARMA.Medan
[8] Setiawan,Arif.2007.Analisa Sistem Pengenalan Karakter Menggunakan Jaringan Syaraf iruan Untuk Pembacaan Dokumen Yang Rusak Karena Banjir [
9] Sukmawati.2010.Hubungan Status Gizi, Berat Badan Lahir, Imunisai, dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA ) Pada Bali Wilayah Kerja Puskesmas Tunikamaseang Kabupaten MAROS.
[10] Sutojo, E. Mulyanto, et al. (2010). "Kecerdasan Buatan." Andi.Yogjakarta
Published
2016-02-03
How to Cite
Van FC, L. L. (2016). KLASIFIKASI GAYA BELAJAR VISUAL-AUDIOTORYKINESTHETIC (V-A-K) MAHASISWA BERBASIS JST MENGGUNAKAN ALGORITMA PERCEPTRON. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 26-30. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v7i1.521
Abstract viewed = 642 times
PDF downloaded = 321 times

Most read articles by the same author(s)