PELATIHAN DESAIN SPANDUK DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK SMK N 1 TAPUNG KAB. KAMPAR

  • Ahmad Zamsuri Universitas Lancang Kuning
  • Muhamad Sadar Universitas Lancang Kuning
  • Walhidayat Universitas Lancang Kuning
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
  • Yogo Turnandes Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pelatihan Canva, Pembuatan Spanduk Banner, IbM Fasilkom, Siswa SMK N 1 Tapung

Abstract

Aplikasi canva merupakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan desain spanduk. Dengan pemanfaatan dan pengembangkan teknik dalam pembuatan desain spanduk. Dalam hal ini, pemanfaatan media yang menarik dan tepat guna dalam proses pembuatan spanduk pelatihan akan memiliki dampak positif yang akan sangat berpotensi meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat spanduk dengan aplikasi canva. Oleh sebab itu, tim pengusul program Pengabdian Kepada Masyarakat menawarkan solusi berupa pelatihan pembuatan sepanduk dengan aplikasi canva untuk siswa SMK N 1 Tapung. Di mana program ini diharapkan mampu menjadi wadah dan inspirasi bagi para siswa dapat menambah pengetahuan dalam membuat spanduk dengan aplikasi canva besar harapan siswa dan siswa SMK N 1 Tapung dapat mengikuti proses pelatihan pembuatan spanduk dengan aplikasi canva dan siswa dan siswa SMK N 1 Tapung lebih mampu menghasilkan karya yang dapat merangsang daya tarik dalam pembuatan spanduk dengan menarik dan unik. Pada kegiatan pengabdian ini diikuti sebanyak 29 siswa dan siswi. Teknik pelatihan dilakukan secara praktek lansung dengan menggunakan perangkat laptop pada labor komputer di SMK N 1 Tapung. Sebagai pemateri memberikan sosialisasi dan sekaligus pendampingan mengenai bagaimana pembuatan sepanduk dengan aplikasi canva yang menarik dan pastinya sagat dapat bermanfaat. Setelah dilakukan pelatihan maka dapat dilihat peningkatan pengetahuan siswa siswi dalam desain grafis khususnya membuat spanduk yang awalnya dengan persentase 60% dan sesudah paletihan menjadi 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dale, M. (2011). Collaborative video editing for Wikipedia. In Proceedings of the 7th International Symposium on Wikis and Open Collaboration - WikiSym ’11 (p. 225).

Feinberg, M. A., Song, K.-B., & Lim, I.-T. (2016). KineMaster - Pro video editing on android. ACM SIGGRAPH 2016 Appy Hour, SIGGRAPH 2016.

Gandhi, V., Ronfard, R., & Gleicher, M. (2014). Multi-clip video editing from a single viewpoint. In Proceedings of the 11th European Conference on Visual Media Production - CVMP ’14 (pp. 1–10).

Guo, X., Cao, X., Chen, X., & Ma, Y. (2013). Video editing with temporal, spatial and appearance consistency. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 2283–2290.

Martin, R. R., Shi-Min Hu, Jin Wei, Shao-Ping Lu, & Song-Hai Zhang. (2012). Timeline Editing of Objects in Video. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 19(7), 1218–1227.

Marton, A., & Mariátegui, J. C. (2015). De/Contextualizing Information: The Digitization of Video Editing Practices at the BBC. Information Society, 31(2), 106–120.

Serrano, A., Sitzmann, V., Ruiz-Borau, J., Wetzstein, G., Gutierrez, D., & Masia, B. (2017). Movie editing and cognitive event segmentation in virtual reality video. ACM Transactions on Graphics, 36(4), 1–12.

Shen, Y. (2016). A New Video Editing Technology in Practical Teaching for Animation Specialty. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 11(09), 51.

Tsai, J. C., Shih, T. K., Wattanachote, K., & Li, K. C. (2012). Video editing using motion inpainting. Proceedings - International Conference on Advanced Information Networking and Applications, AINA, 649–654.

Published
2023-07-06
How to Cite
Zamsuri, A., Sadar, M., Walhidayat, Herlina, S., & Turnandes, Y. (2023). PELATIHAN DESAIN SPANDUK DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK SMK N 1 TAPUNG KAB. KAMPAR. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 187-196. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13174
Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 97 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>