PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE /AI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN
Abstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan AI dengan tujuan agar pembelajaran terus dikembangkan dan diinovasi khususnya kemajuan zaman di era digitalisasi dalam meningkatkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi. Metode pada pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan forum grup diskusi dengan mahasiswa. Kemajuan teknologi menjadi tuntutan bagi semua kalangan khususnya di dunia pendidikan. Mahasiswa dalam pembuatan media presentasi power point yang sering dilakukan selalu mengalami kesulitan, mau tidak mau mahasiswa harus terus mengupgrade teknologi agar tidak tertinggal. Hingga inilah saatnya mahasiswa harus aktif dan inovotif dalam pembuatan power point dengan bantuan AI menggunakan gamma.app sehingga dapat mendukung pengembangan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu mensosialisasikan kepada mahasiswa tentang pemanfaatan penggunaan teknologi, pelatihan penggunaan AI, pendampingan dalam pembuatan powerpoint dengan bantuan AI. Pelatihan yang dilakukan sangat membantu dan meningkatkan semangat dalam pembuatan media pembelajaran karena sangat mudah dan sangat mengasikkan sehingga mereka sangat senang dengan pelatihan yang dilakukan dengan banyak manfaat yang didapatkan dalam pemanfaatan penggunaan teknologi bantua AI.
Downloads
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Ajusman, Muh. W. A. N. B. (2024). Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Kalangan Mahasiswa Generasi Z. Journal on Education, 06(04), 20701–20710. https://jonedu.org/index.php/joe
Amalia, D., Nasyirin, B. K., & Hana, S. (2024). Inovasi Media Presentasi Interaktif melalui Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Prezi. Jurnal Sarwahita, 21(01), 74–85. https://doi.org/10.21009/sarwahita.211.7
Anas, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Gamma bagi Guru dalam Membuat Presentasi yang Menarik dan Otomatis. Jurnal JISED, 2(1), 39–43.
https://journal.mwsfoundation.or.id/index.php/jised/article/view/52
Asri Choirinisa, A., & Ikhwan, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Digital Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Transekonomika, 2(5), 483–493. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika
Azizah, W. N., Dinie, &, & Dewi, A. (2022). Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda Dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Hayati, N., & Wulandari, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pop Up pada Pendidik Paud Article Info Abstract. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 60–67.
Luh, N., Sintia Dewi, P., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Munawar, S., Purbasari, D., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Keterampilan Esensial Guru Pemula di SMK pada Era Digital. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Nento, F., Manto, R., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2023). E-Tech Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal E-Tech, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Ngitung, R., Kurnia, N., Puspitasari, D., Sukamto, A., Wulansari, I., Ristiana, E., Biologi, J., Makassar, U. N., & Pertanian, P. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Bagi Guru SD Gugus 3 Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 65–71. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/309
Sunaengsih, C., Djuanda, D., Irawati, R., & Amelia Karlina dan Juni Artha Juneli, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran. In Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat (Issue 4).
https://ejournal.upi.edu/index.php/JPDPM/article/view/51461
Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse28
Wijayanto, G., Rivai, Y., Bagus Made Wisnu Parta, I., & Amahoru, A. (2023). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Inteligences (AI) Mentimeter Bagi Dosen Pemula Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Yang Interaktif Dan Inovatif. Journal of Human And Education, 3(3), 115–123.