PENINGKATAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BERBASIS AI MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN MIDJOURNEY PADA SISWA JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 8 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31849/np1yqq20Keywords:
Pengabdian Masyarakat, MidJourney, Teknologi AI, Desain Grafis, Kreativitas, Kuisioner, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan penggunaan teknologi MidJourney berbasis AI dalam pembuatan desain grafis di SMK Negeri 8 Pekanbaru, khususnya untuk siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Analisis situasi menunjukkan bahwa peserta didik memiliki keterbatasan dalam memahami dan mengaplikasikan teknologi AI dalam desain grafis. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan penggunaan MidJourney untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan teknis peserta dalam desain. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan praktikal, mencakup pengenalan platform, pembuatan desain berbasis prompt, serta praktik mandiri dengan pendampingan. Hasil dari kuisioner yang dibagikan sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta. Sebelum pelatihan, pemahaman peserta mengenai AI berada pada 50%, namun setelah pelatihan meningkat menjadi 86%. Kemampuan menggunakan MidJourney meningkat dari 44% menjadi 80%, dan kreativitas peserta mengalami peningkatan dari 56% menjadi 84%. Umpan balik dari peserta menunjukkan kepuasan terhadap materi yang diberikan, meskipun ada saran terkait durasi pelatihan dan penyediaan materi lanjutan. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memperkenalkan teknologi AI kepada peserta didik dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan keterampilan desain grafis berbasis digital.
References
Borji, A. (2022). Generated faces in the wild: Quantitative comparison of stable diffusion, midjourney and dall-e 2. ArXiv Preprint ArXiv:2210.00586.
Chiu, T. K. F. (2024). The impact of Generative AI (GenAI) on practices, policies and research direction in education: A case of ChatGPT and Midjourney. Interactive Learning Environments, 32(10), 6187–6203.
Jaruga-Rozdolska, A. (2022). Artificial intelligence as part of future practices in the architect’s work: MidJourney generative tool as part of a process of creating an architectural form. Architectus, 3 (71, 95–104.
Nasution, N., Hasan, M. A., & Setiawan, D. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI BEKAL TECHNOPRENEURSHIP UNTUK PENINGKATAN DAYA EKONOMI MANDIRI ALUMNI SMK DI PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(3), 219–234. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i3.436
Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2021). PKM Peningkatan Kualitias Ajar Guru dan Workshop Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi. Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 132–142.
Ruskov, M. (2023). Grimm in Wonderland: Prompt engineering with Midjourney to illustrate fairytales. ArXiv Preprint ArXiv:2302.08961.
Wahid, R., Mero, J., & Ritala, P. (2023). Written by ChatGPT, illustrated by Midjourney: generative AI for content marketing. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 35(8), 1813–1822.
WICAKSANA, G. D. E. B. A., & PUTRA, I. D. A. B. G. P. (2023). IMPLEMENTASI PENGGUNA ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) PADA PLATFORM MIDJOURNEY DALAM ITERASI ARSITEKTUR. GANEC SWARA, 17(3), 1212–1221.
Zierock, B., & Jungblut, A. (2023). Leveraging prompts for improving AI-powered customer service platforms: a case study of Chat GPT and midjourney. Learning, 116, 63–76.


