PEMANFAATAN INTERNET PADA SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BISNIS ONLINE DI LINGKUNGAN ARISAN RT

  • Hafi Hafsah Amik Tri Dharma Pekanbaru
  • Zulafwan Amik Tri Dharma Pekanbaru
  • Willyansah AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
Keywords: Smartphone, Internet, Business online

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dan ditulisakan dalam artikel ini terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui penggunaan internet pada smartphone oleh ibu-ibu anggota arisan di lingkungan Rukun Tetangga 01, Perumahan Delima Puri. Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini dilakukan melalui seminar dengan menyampaikan materi terkait pemanfaatan internet dalam mendukung jual beli online dan sekaligus untuk mengenalkan istilah umum bahasa inggris pada jual beli online.  Tulisan ini bersifat deskriftif yang dimaksudkan untuk memperoleh informasi pemahaman dan permasalahan ibu –ibu anggota arisan terkait materi yang diangkat dalam seminar.  Pada era modern saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya dengan pemberdayaan perempuan yaitu dalam hal ini ibu-ibu anggota arisan.  Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk berbagi ilmu tentang pemanfaatan internet melalui pemanfaatan smartphone guna mendukung kegiatan usaha online dan mengenalkan istilah-istilah Bahasa Inggris yang umum digunakan dalam hal jual beli online melalui internet. Selain hal tersebut di atas, seminar ini dapat mengisi kegiatan arisan ibu-ibu RT disamping kegiatan pertemuan rutin yang mereka lakukan, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam hal pemanfaatan internet. Secara umum, ibu-ibu tersebut tidak mengalami kendala yang cukup berarti terkait pemahaman materi yang diberikan.  Namun pada ibu-ibu anggota yang usianya di atas 50 tahun, penggunaan internet lebih kepada alat untuk berkomunikasi saja.  Sementara itu, jenis platform terbanyak yang digunakan dalam beberapa usaha online yang  mereka lakukan adalah aplikasi WhatsApp. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djunu, Ardilla. 2016. Pemanfaatan Fitur Internet Pada Smartphone oleh Masyarakat (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur). e-journal “Acta Diurna” Volume V. No. 5.
Handorkho, D. Jonathan; Herawati, A.F; Widyastuti, D.A. Retno; Wulandari, D.Th; Arifin P. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagao Media Pemberdayaan Komunitas Perempuan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Studi Kasus Kampung Cybr RT 36 Taman Sari Yogyakarta).
Hermana, Budi; Farida, Riza Adrinti. 2007. Model Adopsi Internet Pada Kaum Ibu : Pengembangan dan Pengujian Instrumen Penelitian.
Lestari, B. Retno. 2010. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010. Pemberdayaan Wanita Melalui Teknologi Informasi (Sebuah Kajian Pustaka).
Melhem, Samia; Morrell, Claudia;Tandon, Nidhi. 2009. "Information and Communication Technologies for Women’s Socioeconomic Empowerment".Washington: World Bank Working Paper No. 176.
Supriyanto, Aji, 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Salemba Infotec. Jakarta
Published
2021-07-08
How to Cite
Hafi Hafsah, Zulafwan, & Willyansah. (2021). PEMANFAATAN INTERNET PADA SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BISNIS ONLINE DI LINGKUNGAN ARISAN RT . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 79-87. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i2.7004
Abstract viewed = 412 times
PDF downloaded = 689 times