PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEUR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • zulafwan AMIK TRI DHARMA PEKANBARU
  • Gusrio Tendra Amik Tri Dharma Pekanbaru
Keywords: Digital, Entrepreneur, Pandemi COVID-19

Abstract

Digital Enterpreneur adalah istilah yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah, karena bisnis dan masyarakat terus ditransformasikan oleh teknologi digital. Kewirausahaan digital menyoroti perubahan dalam praktik wirausaha, teori, dan pendidikan. Kewirausahaan digital mencakup segala sesuatu yang baru dalam hal tentang kewirausahaan di dunia digital. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam berwirausaha dalam dunia digital antara lain ialah bagaimana cara baru mendapatkan ketertarikan pelanggan terhadap usaha yang dibangun, bagaimana cara baru dalam merancang, menawarkan produk, dan memberikan layanan yang terbaik, bagaimana cara baru menghasilkan pendapatan, dan mengurangi biaya, peluang baru untuk berkolaborasi dengan platform dan mitra dan sumber peluang, resiko, serta keunggulan kompetitif baru. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMIK “Tri Dharma” Pekanbaru, hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai, jenis usaha, peluang usaha, dan cara yang digunakan untuk memulai digital entrepreneur pada masa pandemi COVID-19. Adapun materi yang diberikan terkait pengertian digital entrepreneur, jenisnya dan bagaimana cara memulainya. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform video conference zoom cloud meeting, waktu pelatihan satu hari dengan peserta terdiri dari mahasiswa, siswa SMK dan SMA serta masyarakat umum dilingkungan kota Pekanbaru. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dimana hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh perserta kepada nara sumber berdasarkan materi yang di sampaikan. Hasil ahir dari pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengetahui apa itu digital entrepreneur, bagaimana memulainya, dan nantinya dapat memulai untuk dapat membuka usaha sendiri dibidang teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Ahmad. 2020. “Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang.” Jurnal Adbimas Kartika Wijayakusuma 1: 38–45. https://journal.unjani.ac.id/index.php/jkwk/article/view/11/3.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. 2020. “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal SAP (Sususnan Artikel Pendidikan) 5(1): 51–56.

Hardiyanto, Lutfi. 2018. “Motivasi Mahasiswa Menjadi Start Up Digital Entrepreneur (Technopreneur).” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta 10: 1–15. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/9.

Hendarsyah, Decky. 2020. “Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9(1): 25–43. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/209.

Margahana, Helisa, and Eko Triyanto. 2019. “Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat.” Jurnal Edukomika 3(2): 300–309.

Nanda, Alfina Ari, and Lea Emilia Farida. 2018. “Strategi Pengembangan Digital Entrepreneur Di Kota Banjarmasin Dalam Menghadapi Era Asean-China Free Trade Agreement.” Prodising Seminar Nasional ASBIS 6014: 81–90. http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/290.

Prasanti, Ditha, and Ikhsan Fuady. 2018. “Pemanfaatan Media Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Kesehatan Kepada Masyarakat.” Jurnal Reformasi 8: 8–14.

Putri H, Radisya Eka, and Tine Agustin Wulandari. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Ditengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Common 4: 171–90.

Putri, Pandena Kicky Basuki, Darmawan Yudhanegara, and Rizki Fadilah. 2021. “Digitalisasi Keuangan Ukm.” Jurnal Riset Enterpreneurship 4(2): 4–10.

Utomo, Mohamad Nur, Widyastuti Cahyaningrum, and Budi Hasyim. 2019. “Karakteristik Entrepreneur Dan Kesuksesan Bisnis Umkm Di Kota Tarakan.” Jurnal Borneo Humaniora: 1–7.

Published
2022-01-03
How to Cite
zulafwan, & Gusrio Tendra. (2022). PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEUR DI MASA PANDEMI COVID-19. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 77-83. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8762
Abstract viewed = 1441 times
PDF downloaded = 581 times