PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI PAMDEMI COVID -19

  • Devia Kartika Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Hezy Kurnia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: E-learning, Classroom, Daring

Abstract

Saat  pandemi  covid-19  seperti  ini,  mengakibatkan  proses pembelajaran   tatap  muka langsung di   kelas tidak   mungkin dilakukan. Maka  sangat perlu  dibuatkan  sistem  pembelajaran jarak  jauh atau  sistem  daring.  Namun pelaksanaan pembelajaran pada pendidikan di SD Yayasan Dar El Iman – Padang  ini masih mengalami berbagai kendala dengan sistem pendidikan yang konvesional yaitu tersedianya ruang komunikasi yang sangat terbatas dalam menjalankan proses belajar-mengajar dan melaksanakan PBM daring hanya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, sehingga diperlukan pemanfaatan teknologi secara optimal dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah dengan penerapan  pembelajaran secara online yaitu dengan konsep e-learning. Konsep yang dikenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvesional ke bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya.   Dalam kegiatan ini penulis melakukan metode  pelatihan, demonstrasi, praktik dan pendampingan dalam penerapan e-learning yaitu menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran. Dengan adanya e-learning ini diharapkan dapat  meningkatkan keefektifan, pemahaman serta pengetahuan dan ketarampilan guru dalam menggunakan sistem pembelajaran online pada sekolah SD Yayasan Dar El Iman – Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doni Septumarsa Ibrahim, Siti Partini Suardiman. 2014 . Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, Vol.2, No.1

Erianti, S., & Adila, D. R. (2019). Penyuluhan Berbasis Multimedia dalam Mencegah Perilaku Seks pada Remaja di SMU Negeri 11 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 214-220.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press

Julianto, V., Suprianto, A., Prastyaningsih, Y., & Yuliyanti, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Untuk Operator Sekolah Se-Kecamatan Batu Ampar. Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 62-67.

Mason, R & Rannie, F. (2010). Elearning (Terjemahan Teguh Wahyu Utomo). New York: Tylor Francis. (Buku asli terbitan tahun 2009)

Moore, Alex. (2004). The good teacher: dominant discourses in teaching and teacher education. London and New York: Routledgefalmer

Naidu, Som. (2006). E-learning: A guide book of principle, procedure and practice: Bengali: Aishi Cretive Workshop

Nurkencana. (2005). Evaluasi hasil belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Peterson, J., Karen L., Pickering, M., & Steven, H. (2006). A comparison of computerassisted instruction and field-based learning for youth range-land education.

Published
2022-01-03
How to Cite
Devia Kartika, & Hezy Kurnia. (2022). PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI PAMDEMI COVID -19. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 15-24. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.7773
Abstract viewed = 197 times
PDF downloaded = 88 times