PKM PELATIHAN ONLINE-BASED LEARNING ASSESSMENT PADA GURU MADRASAH ISLAM SWASTA AL JAMIATUL IKHLAS KECAMATAN DATUK BANDAR KOTA TANJUNGBALAI
Abstract
Wabah Covid-19 yang melanda dunia telah memaksa pembelajaran di Indonesia dialihkan ke metode daring atau online. Dalam pembelajaran, evaluasi menjadi salah satu langkah untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu guru dalam membuat kuis dan survei online adalah Google Form dan Quizizz. Mitra yang terlibat dalam program ini adalah guru-guru di Madrasah Islam Swasta Al Jamiatul Ikhlas Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai dimana persoalan utama yang dialami mitra adalah kurangnya pengetahuan dalam penggunaan IT dalam memberikan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan online-based learning assessment untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan, penggunaan serta optimaliasi pengunaan google forms dan quizizz sebagai media eveluasi pembelajaran. Program ini terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pengabdian ini, tim menerapkan metode in-house training. Evaluasi kegiatan ini dilakukan setelah program selesai dilaksanakan. Target utama pasca kegiatan pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan guru-guru di sekolah mitra tentang pemanfaatan E-Learning dan online-based learning assessment melalui penggunaan google form dan quizizz dalam mendukung program Merdeka Belajar.
Downloads
References
Admin. (2020). Profile MTs Al—Abraar Tandam Hilir I [Online]. Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan. http://10213721.siap-sekolah.com/sekolah-profil/
Batubara, H. H., & Ariany, D. N. (2016). Workshop penggunaan google form sebagai media evaluasi pembelajaran pada dosen-dosen fakultas studi islam. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1), 39–44.
Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., & Prasetianto, R. (2018). Pemanfaatan aplikasi digital learning untuk pembelajaran pengayaan di sekolah menengah kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 85–96.
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan aplikasi Google docs sebagai media pembinaan karya ilmiah remaja. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya 2015, 5.
Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., & Wenando, F. A. (2018). Optimalisasi pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17–20.
Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran untuk guru SMP dan SMA. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362
Jabarnews.com. (2020, March 17). Mulai 18 Maret, Disdik Deli Serdang Tetapkan Libur Sekolah [Online]. https://jabarnews.com/. https://jabarnews.com/read/82824/mulai-18-maret-disdik-deli-serdang-tetapkan-libur-sekolah
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Sabran, & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 122–125.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui Google classroom di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513–521.