IDEOLOGI PATRIAKHI DALAM IKLAN PONSEL DI MEDIA CETAK

  • Essy Syam Universitas Lancang Kuning
Keywords: ideologi, patriakhi, male gaze, iklan, fetisme, objektifkasi

Abstract

Penelitian ini menganalisis ideologi patriakhi yang terdapat dalam iklan ponsel di berbagai media cetak di Indonesia. DaZam penelitian ini iklan ponsel yang menjadi objek penelitian adalah ponsel ericsson KSOOi, Ericsson S700i, ericsson T610 dan P91 Oi.
Dari keempat iklan ponsel itu, satu diantaranya yaitu iklan Ericsson KSOOi memperlihatkan suatu sosialisasi dan internalisasi sosok Zaki-Zaki yang maskulin, yang mempertegas atribut dan label yang dilekatkan pada laki-laki sebagai sosok yang superior, hero dan sentral. Sedangkan tiga (3) iklan lainya menampilkan imej perempuan yang menjadi objek male gaze, sehingga terjadi suatu bentuk objektifikasi terhadap perempuan. Objetijkasi ini dilakukan dengan menjadikan tubuh perempuan sebagai objek santapan pandangan mata (khususnya Zaki-Zaki). Hal ini menyiratkan adanya f etisme, suatu pemberhalaan atau pengagungan tubuh sehingga f aktor-f aktor dan kualitas­kualitas lain dalam diri perempuan tidak dianggap penting yang akhirnya mengakibatkan perempuan hanya diidentikkan dengan fisiknya saja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2005-03-14
Section
Articles
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 31 times