IDEOLOGI PATRIAKHI DALAM IKLAN PONSEL DI MEDIA CETAK
Abstract
Penelitian ini menganalisis ideologi patriakhi yang terdapat dalam iklan ponsel di berbagai media cetak di Indonesia. DaZam penelitian ini iklan ponsel yang menjadi objek penelitian adalah ponsel ericsson KSOOi, Ericsson S700i, ericsson T610 dan P91 Oi.
Dari keempat iklan ponsel itu, satu diantaranya yaitu iklan Ericsson KSOOi memperlihatkan suatu sosialisasi dan internalisasi sosok Zaki-Zaki yang maskulin, yang mempertegas atribut dan label yang dilekatkan pada laki-laki sebagai sosok yang superior, hero dan sentral. Sedangkan tiga (3) iklan lainya menampilkan imej perempuan yang menjadi objek male gaze, sehingga terjadi suatu bentuk objektifikasi terhadap perempuan. Objetijkasi ini dilakukan dengan menjadikan tubuh perempuan sebagai objek santapan pandangan mata (khususnya Zaki-Zaki). Hal ini menyiratkan adanya f etisme, suatu pemberhalaan atau pengagungan tubuh sehingga f aktor-f aktor dan kualitaskualitas lain dalam diri perempuan tidak dianggap penting yang akhirnya mengakibatkan perempuan hanya diidentikkan dengan fisiknya saja.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).