• Vol 16 No 1 (2019)

    Dalam terbitan kali ini, Jurnal Ilmu Budaya menyuguhkan tulisan-tulisan tentang kajian bahasa, budaya, dan seni tari. Tulisan pertama mengetengahkan tentang hubungan kekerabatan bahasa Melayu Riau dengan dialek Akit. Tulisan berikutnya, masih tentang bahasa yang membahas topik bahasa Indonesia dalam tajuk berita. Setelah membahas tentang tema bahasa, artikel berikutnya membahas mengenai tema budaya berkaitan dengan Mamak Kandung pada masyarakat Minangkabau. Selanjutnya, masih dengan tema budaya, tulisan mengenai tradisi mitoni pada masyarakat Jawa. Artikel penutup membahasa tentang makna simbolik pada seni tari Gendong. Semoga dengan tulisan-tulisan yang disajikan dapat memperkaya literature di bidang kajian sejenisnya.

     

     

     

    Pekanbaru, Agustus 2019

    Redaktur

  • Vol 15 No 2 (2019)

    Dalam terbitan kali ini, Jurnal Ilmu Budaya menyuguhkan tulisan-tulisan tentang kajian sastra dan seni drama (teater). Tulisan pertama mengetengahkan tentang perbandingan unsur deux ex machine  dalam dua karya sastra. Tulisan kedua membahas tentang konsep elemen dramatik pada teater tradisional Mendu Riau. Artikel ketiga mengulas cerita pendek menggunakan pendekatan semiotika. Setelah membahas tentang karya sastra, artikel berikutnya membahas tentang karya seni drama Melayu masa kini. Artikel penutup masih seputar seni drama yang membahas tentang tekstur lakon drama. Semoga dengan tulisan-tulisan yang disajikan dapat memperkaya literature di bidang kajian sejenisnya.

     

     

     

    Pekanbaru, Februari 2019

    Redaktur

  • Vol 15 No 1 (2018)

    Dalam terbitan kali ini, Jurnal Ilmu Budaya menyuguhkan tulisantulisan tentang kajian linguistik, sastra, seni kriya. Tulisan pertama mengetengahkan kajian lingustik terkait analisis tindak tutur. Artikel kedua membahas tentang unsur masyarakat dan distopis dalam karya sastra. Setelah membahas tentang karya sastra, topik selanjutnya mengulas karya seni kriya motif batik. Artiket keempat membahas tentang unsur ekstrinsik dan cerpen. Artikel penutup membahas tentang kajian strukturalisme dalam tradisi lisan cerita Malin Kundang. Semoga dengan tulisan-tulisan yang disajikan dapat memperkaya literatur di bidang kajian sejenis.

1-25 of 28