Penguatan Kelembagaan Desa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Kabupaten Kampar Provinsi Riau

  • Eka Eka Universitas Lancang Kuning
  • Widia Astuti Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Aguswan Aguswan Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
Keywords: Penguatan, organisasi, musrenbang desa

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dimana fokus penelitian mengkaji tentang penguatan kelembagaan desa dalam mempersiapkan pelaksanaan musrenbang desa yang berdaya guna dan berhasil guna. Hasil dari kegiatan musrenbang adalah penetapan prioritas pembangunan desa yang harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Desa (RPJMDes 6 tahun dan RKP 1 tahun), sebagai kerangka strategi pembangunan desa yang di inginkan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mendeskriptifkan dan menafsirkan proses perencanaan desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan unsur–unsur yang terlibat dalam kegiatan pembangunan Desa. Musrenbang Desa adalah forum tahunan yang dilaksanakan mulai dari Desa, kecamatan dan berakhir di kabupaten/kota. Untuk itu desa harus siap dalam menyusun rencana pembangunan desa yang baik. Perencanaan desa tersusun dan tersistematis membutuhkan organisasi dan kelembagaan yang kuat yaitu mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Tugas dan fungsinya merumuskan perencanaan desa, melaksanakan pembangunan desa, mengawasi pembangunan dan mengevaluasi hasil pembangunan desa.  Penguatan kelembagaan desa dalam penyusunan perencanaan desa harus memilki data dan informasi yang lengkap dan akurat yang dapat mempermudah petugas perencana dalam menyusun dan menyiapkan rencana pembangunan desa secara efektif.  Data dan informasi yang dimaksud dalam mendukung penyusunan perencanaan pembangunan desa meliputi: (1). Penyelenggaraan pemerintahan desa, (2). Organisasi dan tatalaksana pemerintahan desa, (3). Keuangan desa, (4). Profil desa dan (5). Informasi lain terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa organisasi dan kelembagaan desa yaitu Pemerintah Desa, Permusyawaratan Desa kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam menjalankan tugas, pokok serta fungsi organisasi secara baik dan benar. Dan hal ini yang menyebabkan tujuan dan sasaran pembangunan tidak diperkuat dengan pemahaman aparatur dalam berorganisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguswan, 2018, Model perencanaan partisipatif pembangunan Desa, Jakad Publhishing Book dan jurnal, Surabaya.
Aguswan. 2017. Sistem informasi pelayanan public dikecamatan Kampar timur. Journal of Niara Unilak, Vol 10:1. University of Lancing Kuning, Pekanbaru.
Aguswan. 2017. Poverty Eradiation for Forest Rural Communities (Mdh) (A case study in tanjung Medan village District of Rokan IV Koto Rokan Hulu Regeny Riau Province. Proceeding internal conference (IAPA) Departement of administration Faculty of sosial and political Science. Airlangga University, Surabaya.
Creswel, J. 2010. Reserach Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurcholis, H. 2011. Pertumbuhan dan penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Air langga.
Nurcholis, H. 2008. Perencanaan partisipatif Pemerintahan daerah. Jakarta: Grasindo,.
Himpunan Petunjuk pelaksanaan Desa / kelurahan, 2008, fokusindo, bandung.
K.Suhendra. 201. Peran birokrasi dalam pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alphabeta.
Kartikawanto, I. 2013. Perencanaan pembangunan partisipatif kelurahan dan desa, Journal of Public Administration, Vol 14 Issue1, June 2013. University of Brawijaya Malang.
Nugroho, R. 2011. Manajemen perencanaan pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Peraturan Pelaksana Pemerintahan daerah, 2006, Eko Jaya Jakarta.
Rancangan Awal RPJMD Propinsi Riau 2014 – 2019, Pekanbaru, Bappeda Propinsi Riau , Pekanbaru
Rencana Strategi 2014 – 2019, Badan perencanaan pembangunan daerah (BAPPEDA) Propinsi Riau, Pekanbaru.
The Law No.6 of 2014 About Village. Surabaya: Rona Publishing Press.
Published
2021-08-28
How to Cite
Eka, E., Astuti, W., & Aguswan, A. (2021). Penguatan Kelembagaan Desa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. JOELS: Journal of Election and Leadership , 2(2). https://doi.org/10.31849/joels.v2i1.7562
Abstract viewed = 174 times
PDF downloaded = 126 times