Analisis Kesiapan Belajar Anak di TK Islami An-Nur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Selama Pembelajaran Daring

  • Ummi Fadhillah
  • Ria Novianti
  • Yeni Solfiah
  • Enda Puspitasari
Keywords: Anak usia dini, Kesiapan belajar anak, Pembelajaran daring

Abstract

Kesiapan belajar anak adanya pemberlakuan sistem pembelajaran daring sangatlah penting karena adanya perubahan yang sangat spontan terjadi dari sistem luring menjadi daring. Kesiapan belajar anak usia dini yang kurang akan mempengaruhi proses interaksi dan kegiatan belajar. Sehingga, semakin siap anak dalam belajar akan semakin baik proses pembelajaran yang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan belajar belajar anak TK Islam An-Nur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru selama pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di TK Islam An-Nur Bastari Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang tua anak TK Islam An-Nur Bastari Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampel sensus sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner kesiapan belajar anak dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar anak selama pembelajaran daring di TK Islam An-Nur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebanyak 45% berada pada kategori “sedang”. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada orang tua untuk meningkatkan perhatian dan  pengawasan serta pendampingan dalam kebutuhan anak khususnya dalam proses belajar mengajar, baik saat pembelajaran daring maupun tidak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-05
How to Cite
Fadhillah, U., Novianti, R., Solfiah, Y., & Puspitasari, E. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Anak di TK Islami An-Nur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Selama Pembelajaran Daring. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 57-69. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5872
Abstract viewed = 940 times
PDF downloaded = 909 times