Pengaruh Permainan Number Ball Race Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini didasari oleh pengamatan peneliti di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, pengamatan ini terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian menggunakan permainan Number Ball Race. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh permainan Number Ball Race terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru dari bulan April 2019 sampai Juli 2019 untuk observasi dan penelitian. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan konsep bilangan anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan I.BM SPSS statistik ver 23. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 26,902 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan konsep bilangan pada anak yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan permainan Number Ball Race. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh permainan Number Ball Race terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru sebesar 71,19%.
Downloads
References
Haryanti, dkk. 2014. Penerapan Metode Bermain dengan Media Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. http://repository.unib.ac.id/8756/
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Komariyah, Z dan Soeparno. 2010. Pengarug Media Kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran di SDN Jerawat I Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 10 no 1
Luckrista, E. J. A. & Komala Sari. 2015. Pengaruh Permainan Kayu Malele Tehadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Anak. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan , Volume 4. No 2 Http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/11686
Imelda, dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Manik-manik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun TK AL-Izhar School Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.
Mahardika. 2009. Upaya Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V SDN Jimbang Klaten dalam Pembelajaran Matematika dengan Media Bingo.
http://eprinnts.ums.ac.id/4527
Novan Ardy Wijayani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Nurani Yuliani Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurhayati Simatupang. 2005. Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3 No I 2005.
Pengaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014.
Piaget, J. 1962. Play, dream and imitation in childhood. New York : Norton
Raharjo. 2007. Cooperativ Learning. Jakarta : Bumi Aksara.
Ratna Hidayati. 2010. Dasar-Dasar Membaca, Menulis, Dan Berhitung. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Ria Novianti. 2016. Pengembangan Permainan Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun.
htpps://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=ria+novianti+2015+kemampuan+berhitung+angka&btnG=#d=gs_qabs&u=23%3DWpXLE2cIMR0J
Rita Kurnia. 2012. Modul Bermaindan Permainan AUD. Pekanbaru UR
Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.927
Rosmiyati, & Sri Wahyuni. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517
Santrock, W John.2007. Perkembangan Anak : Jilid I Edisi e Sebelas. Jakarta: PT. Erlangga
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susanti, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tehadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharmawanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/24151
Susanto.2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: PT. Kencana Media Group.
Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta. PT. Grasindo.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.