Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir

  • Radhiyatul Fitri STKIP Aisyiyah Riau
  • Satrianis Satrianis STKIP Aisyiyah Riau
Keywords: Pembelajaran Agama Islam dan Perkembangan Moral

Abstract

Abstrak                                                                                                                               

Penelitian ini berjudul Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Tujuan  penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Agama Islam terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 30  orang anak Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir.  Kemudian  dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif.  Analisis  kuantitatif  melalui uji  t yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu Pembelajaran Agama Islam (X)  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen Pembelajaran Agama Islam yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Kemudian melalui uji t dapat diketahui nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima maka Pembelajaran Agama Islam  berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Beni Saebani, M. Si, Hendra Akhdiyat, M.Pd, 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Arifin, Muzayyin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, Jakarta
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Hidayat Otib Satibi, 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Maria, J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Najib, Sulhan, M. A, Agus Salim, S. Ag, dkk 2012. Panduan Mengajar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Timur: Zikrul Hakim (Anggota IKAPI)
Sujiono Nurani, 2001. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: indeks.
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
2018-04-02
How to Cite
Fitri, R., & Satrianis, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 144-158. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1173