Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Agama Islam terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 30 orang anak Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu Pembelajaran Agama Islam (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen Pembelajaran Agama Islam yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Kemudian melalui uji t dapat diketahui nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima maka Pembelajaran Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun.
Downloads
References
Arifin, Muzayyin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, Jakarta
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Hidayat Otib Satibi, 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Maria, J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Najib, Sulhan, M. A, Agus Salim, S. Ag, dkk 2012. Panduan Mengajar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Timur: Zikrul Hakim (Anggota IKAPI)
Sujiono Nurani, 2001. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: indeks.
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.