PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CEMARA INDAH KOTA PEKANBARU
Abstract
Penerapan media audio visual dalam pembelajaran “moral” tepat dilakukan guna meningkatkan moral anak dengan hal ini anak akan memperoleh pemahaman sendiri tentang pesan-pesan moral yang diperoleh melalui film, cerita, baik yang dipahami melalui pendengaran ataupun penglihatan.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penerapan media audio visual untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di PAUD Cemara Indah II Kota Pekanbaru. Peneleitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observsi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dijelaskan di dalam penelitian ini secara umum perkembangan moral anak mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata akhir dari pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 71,2 % dan berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam perkembangan moral anak di TK Cemara Indah 2 Kota Pekanbaru telah menunjukkan perkembangan yang baik. Jika penerapan media audio visual dimaksimalkan dalam proses pembelajaran maka akan memberikan kemudahan bagi anak untuk dapat merangsang perkembangan moral mereka, selain itu juga memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi terutama berkaitan dengan pembelajaran moral.
Downloads
References
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran edisi Revisi I. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, Asri. 2008. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Anak dan Budayanya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Siswoyo, Dwi dkk. 2005. Metode Pengembangan Moral Anak Prasekolah. Yogyakarta : FIP UNY.
Gunarti, Winda dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta Pusat. Penerbitan Universitas Terbuka.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Undang-undang Sisdiknas UU RI No. 20 Th 2003. Jakarta : Sinar Grafika.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Yus, Anita. 2012. Penilaian Perkambangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Sri Wahyuni. 2017. Motivasi belajar anak usia dini yang berasal dari keluarga Miskin. Pekanbaru: UNILAK
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.