Pengaruh Pendekatan Metode Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak Kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru

  • Sean Marta Efastri
Keywords: Metode Role Playing, Perilaku Agresif Anak.

Abstract

Bentuk perilaku agresif dibagi menjadi dua yaitu agresif verbal dan agresif non verbal. Agresif verbalĀ  antara lain mengancam temannya, menyakiti perasaan temannya, dll. Agresif non verbal atau fisik berupa serangan yang melukai temannya seperti memukul, mencubit, mendorong, dll). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari metode Role Playing dalam mengurangi perilaku agresif anak kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2018/2019. Desain penelitian ini yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Jumlah populasi terdiri dari 16 anak. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan cara total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui Pretest, Posttest, dan lembar observasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh presentase 29,75 dan sesudah perlakuan berubah menjadi 16,44. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan metode role playing dalam mengurangi perilaku agresif anak kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Danar Zohar dan Iaan Marshall, SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan, Bandung: Mizan Media Utama, 2001.

[2]Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, Jogjakarta: Kata Hati, 2010
[3]Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik,
Rineka Cipta, Jakarta, 2006.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Jakarta, PT Alfabeta, 2015.
[4]Safaria, Emotional Spiritual Quotient, Rahasia membangun kecerdasan emosi dan spiritual, Jakarta: PT Arga Tilanta, 2007.
[5]Hawari, Spiritual Intelligence, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
[6]Abdul Aziz, Membimbing Spiritualitas Anak, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2005.
[7]MJA Nashir, Bermain dan Anak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
[8]Sri Hariani, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
[9]Munandar, SQ for kids mengembangkan kecerdasan anak sejak dini, Bandung: Mizan Media Utama, 2001.
[10]Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010.
[11]Moeslichatoen, R, Metode pengajaran di Taman kanak-Kanak, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004
Published
2019-10-31
How to Cite
Sean Marta Efastri. (2019). Pengaruh Pendekatan Metode Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak Kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 53-59. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3345
Abstract viewed = 350 times
PDF downloaded = 318 times

Most read articles by the same author(s)