Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja'ah

  • Windi Astuti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi
Keywords: Pendidikan berbasis Al – Qur’an, Murojaa’ah, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk implementasikan Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan metode muroja’ah pada kelompok B di Paud Qur’an Daarul Ansor Bekasi. Dengan menerapkan metode muroja’ah ini agar lebih berkembang dari aspek Bahasa. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5- 6 tahun di Paud Qur’an Daarul Ansor Al- Islam Bekasi dengan jumlah 14 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Mei 2021 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Komponen yang diamati terdiri dari kegiatan anak selama dikelas dengan metode muroja’ah yang dapat di persentatifkan terhadap perkembangan anak pada aspek NAM (Nilai Agama Moral) dan aspek Bahasa.Adapun dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu : 1)tahap perencanaan , 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, dan 4) tahap refleksi. Siklus 1 siklus 2 dan siklus 3 yang mengalami kenaikan yang signifikan dengan menggunakan metode murojaah yang dilakukan oleh guru pada siswa PAUD Daarul Ansor sebagai berikut: Siklus 1 BB 50 %,MB 21%,BSH 29%. Siklus 2 dapat dilihat bahwa peningkatan MB 43%, BSH 36% dan BSB 21%. Pada siklus 3 terdapat kenaikan yang signifikan pada siswa yang BSB 79%, BSH 21% serta MB 7%. Metode muroja’ah terbukti meningkatkan kemampuan anak dalam hapalan Al- Qur’an, BSB 79%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian tindakan kelas (3 ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamid, A. (2016). Pengantar Studi Al- Qur'an (1 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Hawadi, L. F. (2013). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Pendidikan Al-Qur'an. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Ilyas, M. (2020). Metode Muroja'ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur'an. Pendidikan Islam, 5(1), 3-4.

Kasmira. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an melalui Metode Tajwid Card pada Santri TK/TPA. Pena, 2(2), 331.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur'an dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Studi Al-Qur'an dan Hadist, 2(2), 147-148.

Maulidah, E. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini menurut Al-Qur'an dalam Kajian Tafsir Maudhu'i. Childhood Education, 2(2), 180-181.

Mukholisoh, F. (2019). Pelaksanaan Metode Muroja'ah Tahfidz Al-Qur'an di Mahad Al - Ulya MAN Kota Batu. Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 194.

Nurnaningsih, M. (2021). Kontribusi Metode Muroja'ah Tahfidzul Qur'an dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al I'tibar, 8(2), 62-63.

Putri, T. D. (2020). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an. Ilmiah Al- Hadi, 5(2), 73.

Qomariyah, N. (2019). Agar Anak Zaman now bisa hafal Al-Qur'an (1 ed.). Klaten: Semesta hikmah publishing.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad bagi Anak Usia Dini bagian dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood, 1(1), 3.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 3(1), 21.

watini, S. (2018). The playing method "Asyik" based on multiple intelligence in learning science proccess at the early childhood education program (PAUD) age 5-6 years. Journal of studies in education, 8(1), 55-56.

Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. obsesi, 3(1), 86.

Watini, S. (2019). Strategi pembelajaran nilai-nilai agama di Raudatul Atfal Assu 'Ada Cijerah. ALIM (Islamic Education ), 1(1), 74-75.

Watini, S. (2020). ICT Competency with Drill and Practice Method in Making Multimedia Visual Learning. International Journal of Control Automation, 13(2), 891-892.

Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK LabschoolSTAI Bani Saleh Bekasi. Obsesi, 4(1), 112.

Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Chararacter Value of Early Childhood. Journal of Physics Conference Series, 1.

Published
2021-09-30
How to Cite
Windi Astuti, & Watini, S. (2021). Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 86-95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7711
Abstract viewed = 1455 times
Pdf downloaded = 0 times