STRATEGI PERPUSTAKAAN DESA RAHUL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM INKLUSI SOSIAL MENJADI PERPUSTAKAAN TERBAIK NASIONAL

  • Boby-Prabowo UIN Sumatera Utara Medan
  • Abdul Karim Batubara UIN Sumatera Utara Medan
  • Khoirul Jamil
Keywords: perpustakaan desa, implementasi, inklusi sosial

Abstract

ABSTRAK

Penelitian dituliskan dengan judul “Strategi Perpustakaan Desa Rahul  Dalam Implementasi Program Inklusi Sosial Menjadi Perpustakaan Terbaik Nasional”, pada tahun 2020 perpustakaan desa ini mendapat penghargaan tingkat nasional sebagai Perpustakaan Desa Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Maka dari itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana Perpustakaan Desa Rambung Sialang Hulu merancang strategi mereka untuk bisa meraih prestasi nasional tersebut. Penelitian ini menggunakan  pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif, dengan hasil penelitian yang didapat ialah ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk implementasikan hal tersebut.

Kata kunci: perpustakaan desa, implementasi, inklusi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, H. D. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.

Darmayanti. (2019). Kebijakan Pengelolaan Institutional Repository Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Hartati, N. M. (2014). Analisis Strategi Bisnis pada PT Abadi Samudera Indonesia. Jakarta Barat.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddun, Vol. 8, No.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Group: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Indriani, A. (2020). Peran Relawan Perpustakaan dalam Melakukan Promosi di Perpustakaan Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Kartika, A. (2019). Penanaman Tanggung jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu. Bengkulu.

Khairunisa. (2020). Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Literat (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi). Jambi.

Muhtar, A. (2021). Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengembangan di Desa Paria Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Makassar.

Riskawati. (2017). Pengaruh Perencanaan Terhadap Peningkatan Akreditasi di SMA Negeri 10 Makassar. Makassar.

Riyanda, I. T. (2020). Penembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Perpustakaan Desa Sekip Kabupaten Deli Serdang dalam Program Perberdayaan Masyarakat. Medan.

Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrayani. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT, Kumala Celebes Motor (Mazda Makassar). Makassar.

Suwandi. (2020). Pemanfaatan Repositori sebagai Upaya Tindakan Pelestarian Informasi Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Tusadikyah, N. (2017). Pengelolaan Perpustakaan dalam Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang. Malang.

Wahdania, N. (2016). Strategi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di SMA Negeri 13 Makassar. Makassar.

Yulia, R. (2015). Evaluasi Pelaksanakan Program Sekolah Gratis Bagi Keluarga Miskin di Yayasan Ibnu Sina Maleo Bintaro. Jakarta.

Published
2023-01-04
How to Cite
Boby-Prabowo, Batubara, A. K., & Jamil, K. (2023). STRATEGI PERPUSTAKAAN DESA RAHUL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM INKLUSI SOSIAL MENJADI PERPUSTAKAAN TERBAIK NASIONAL. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 50-56. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11912
Section
Articles
Abstract viewed = 301 times
PDF downloaded = 410 times