Model Pembelajaran Role Play Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Persada Bunda

  • Qori Islami Aris Universitas Lancang Kuning
Keywords: role play, improved drama play

Abstract

Abstrak

Mata kuliah drama jurusan sastra inggris Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Persada Bunda hanya menitikberatkan pada analisis teks dan dialog. Sementara bermain drama juga dapat meningkatkan empat kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sastra Inggris yaitu speaking skill, listening skill, reading skill, dan writing skill. Melalui speaking skill mahasiswa telah melakukan kegiatan berbicara. Sementara listening skill mahasiswa telah melakukan kegiatan menyimak. Pada saat membacakan penggalan dialog dalam naskah drama, mahasiswa melakukan kegiatan membaca dan tentu saja dibutuhkan reading skill yang mumpuni. Sementara pada writing skill mahasiswa diharapkan dapat menulis naskah teks drama yang ingin dipentaskan. Berdasarkan masalah ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Model Pembelajaran Role Play dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Persada Bunda”. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat bagaimana model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan kemampuan bermain drama. Berdasarkan data yang diperoleh, Penerapan model pembelajaran Role Play membantu meningkatkan kemampuan bermain drama mahasiswa jurusan sastra inggris Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Persada Bunda dengan peningkatan Persentase Penilaian Hasil sebesar 29,20%.

 

Kata Kunci : Role Play, Peningkatan Bermain Drama

Abstract

Drama course of English Literature of Foreign Language School Persada Bunda focuses on text analysis and dialogue. Playing the drama can also increase the four skills that must be possessed by students of English literature that is speaking skills, listening skills, reading skills, and writing skills. Through the speaking skills, students have been doing the talking activity. While listening skills, the student has been doing a listening activity. When reading a snippet of dialogue in a drama script, students do reading and of course, required a qualified reading skill. While the writing skill students are expected to write a drama text script to be staged. Based on this problem, the authors are interested in conducting research under the title "Role Play Learning Model in Enhancing the Ability to play Drama Students of English Literature of Foreign Language School of Foreign Studies (STIBA) Persada Bunda". The purpose of this research is to see how the Role Play learning model can improve the ability to play drama. Based on the data obtained, Implementation of Role Play learning model helps to improve the ability to play drama majoring in English Literature of Foreign Language School Persada Bunda with an increase of the percentage of Result Assessment of 29.20%.

 

Key Words: Role Play, Improved Drama Play

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. 1985. Kamus Istilah Seni Drama. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Depdikbud

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Prasmadji, R. H. 1984. Teknik Menyutradarai Darama Konvensional. Jakarta : Balai Pustaka

Rendra, W. S. Drama Untuk Remaja. Jakarta : Burung Merak Press

Sani, Asrul. 1980. Persiapan Sang Aktor (Constantin Stanyslavsky). Jakarta : Bastela Pranindo

Sumarjo, Jacob dan Saini, KM. 1986. Apresiasi Kesusasteraan. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum

Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Uno, B. Hamzah. 2002. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Published
2018-02-26
How to Cite
Aris, Q. I. (2018). Model Pembelajaran Role Play Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Persada Bunda. Jurnal Pustaka Budaya, 5(1), 29-35. https://doi.org/10.31849/pb.v5i1.1459
Section
Articles
Abstract viewed = 416 times
PDF downloaded = 269 times