KEPAHLAWANAN PADA NASKAH DRAMA LAKSAMANA HANG TUAH KARYA TENAS EFFENDI

  • Tengku Muhammad Sum
  • Evizariza Evizariza
Keywords: Heroism, Admiral Hang Tuah, Drama Script

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan kepahlawanan pada naskah drama “Laksamana Hang Tuah” karya Tenas Effendi. Peristiwa sejarah yang terjadi dalam sebuah kehidupan manusia, yaitu sejak zaman dahulu sampai zaman modern sekarang ini. Kita selalu  melihat suatu  pertentangan   yang terjadi antara satu tokoh penting dengan tokoh lainnya  di masyarakat yang ada. Masing masing tokoh tersebut seperti membawa kebenarannya di dalam bertindak,  akibat sikap para tokoh yang berbeda pandangan tersebut  tidak  dapat diselesaikan dengan perundingan yang baik maka diambilah sikap yang tegas yang diselesaikan dengan pertarungan fisik.  Maka, terjadilah suatu  pertarungan antara Hang Tuah dengan Hang Jebat. Suatu pertarungan antara  kebaikan dan kejahatan yang   selalu saja terjadi di dunia ini, tentu saja di dalam pertarungan tersebut ada yang kalah dan ada pula yang menang. Kita hanya bisa mengambil suatu  hikmah dan suatu pelajaran yang sangat berharga dari   pertarungan tersebut. Pertentangan antara Hang Tuah dengan Hang Jebat adalah suatu contoh kasus yang ada pada masa kerajaan Melaka di semenanjung melayu. Suatu pertarungan lama yang terjadi pada masa kerajaan Melaka. Masing-masing tokoh mempunyai alasannya masing masing, yang tak dapat lagi di selesaikan dengan perundingan. Akhirnya persoalan itu di selesaikan dengan perkelahian yang seru. Salah satunya mesti ada yang gugur di dalam pertarungan itu.

 

Kata Kunci: Kepahlawanan, Laksamana Hang Tuah, Naskah Drama.

 

Abstract

The purpose of this study was to describe heroism in the drama script "Admiral Hang Tuah" by Tenas Effendi. Historical events that occur in a human life,  from ancient times to modern times today. We always see a conflict that occurs between one important figure and another in the community. Each of these figures is like bringing the truth in action, due to the attitude of the different figures that view cannot be resolved by good negotiations, so a firm attitude is resolved through physical battles. There was a battle between Hang Tuah and Hang Jebat. A fight between good and evil that always happens in this world, of course in the fight there are those who lose and some win. We can only take a lesson lesson from the fight. The conflict between Hang Tuah and Hang Jebat is a case in point in the kingdom of Melaka on the Malay peninsula. An old battle that took place during the kingdom of Melaka. Each figure has their own reasons, which can no longer be resolved by negotiations. Finally the problem was solved by an exciting fight. One of them must be killed in the fight.

 

Keywords: Heroism, Admiral Hang Tuah, Drama Script

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’dzam Shuhuf, Sulong. 2016. Risalah Jebat. Pekanbaru : Tirta Kencana.

Darmawi, Ahmad. 2005. Teater Bangsawan Melayu Riau. Pekanbaru : LSBM-STR.

Kelana,Raja Ali. 1983. Pohon Perhimpunan. Pekanbaru : Bumi Pustaka.

Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang : Penerbitan Angkasa Raya Padang

Sumardjo jakob, 2004. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia, Bandung. STSI PRESS.

Tenas Effendi, 1984. Kumpulan Naskah Drama Daerah Riau, Pekanbaru, Proyek Pengembangan Kesenian Riau Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Zuriati, 2005, Jurnal Ilmu Budaya, Pekanbaru. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning.

W S, Hasanuddin, 1991 . Mitos dan Kontra Mitos Dalam Kreatifitas Sastra, Taman Budaya Pekanbaru
Published
2019-01-23
How to Cite
Sum, T. M., & Evizariza, E. (2019). KEPAHLAWANAN PADA NASKAH DRAMA LAKSAMANA HANG TUAH KARYA TENAS EFFENDI. Jurnal Pustaka Budaya, 6(1), 36-43. https://doi.org/10.31849/pb.v6i1.2310
Section
Articles
Abstract viewed = 2114 times
PDF downloaded = 2980 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>