STUDI EKSPERIMENTAL PENAMBAHAN ZAT ADDITIF MASTERSURE 1007 TERHADAP KUAT TEKAN BETON SILINDER FC'30

STUDI EKSPERIMENTAL PENAMBAHAN ZAT ADDITIF MASTERSURE 1007 TERHADAP KUAT TEKAN BETON SILINDER FC'30

  • Mahadi Kurniawan* Universitas Islam Riau
  • Heri Ahmadi Universitas Islam Riau
  • Firman Syarif Universitas Islam Riau
  • Sri Hartati Dewi Universitas Islam Riau
  • Panji Rachmat Setiawan Universitas Islam Riau
  • Kahrywal Kahrywal Universitas Islam Riau
Keywords: Beton, Mastersure 1007, kuat tekan, beton silinder, slump

Abstract

ABSTRAK

 

Beton adalah campuran antara semen portland atau semen hidrolis lainnya, agregat halus, agregat kasar dan air dengan atau tanpa bahan tambahan, membentuk massa padat, kuat, dan stabil. Dalam proses pembuatan beton yang mempunyai jarak pengecoran yang jauh dan membutuhkan waktu lama pada saat pengecoran maka diperlukan suatu bahan tambah kimia pada campuran beton salah satunya zat additif Mastersure 1007. Bahan tambah ini dapat berfungsi memperlambat proses pengikatan beton, menaikkan nilai slump, mengurangi pemakaian air, dan meningkatkan kuat tekan beton dalam satu waktu.

Penelitian ini menggunakan sampel silinder. Persentase bahan tambah Mastersure 1007 yang digunakan ada 4 varian yaitu 0%, 0.8%, 1% dan 1.2% dari total berat semen. Metode yang digunakan untuk pehitungan campuran beton (mix design) berdasarkan SNI 03-2834-2000. Pengujian dilakukan pada umur 3 hari, 7 hari dan 28 hari.

Penelitian dilakukan dengan bahan tambah Mastersure 1007 dengan dosis 0%, 0,8%; 1%; 1,2% dari total berat semen, apakah dapat menahan nilai slump pada beberapa waktu pengadukan dan peningkatan kuat tekan pada dosis 0%; 0,8%; 1%; dan 1,2%. Dari hasil pengujian slump yang telah dilakukan ternyata semakin besar dosis bahan tambah Mastersure 1007 nilai slump yang didapat semakin rendah. Hal ini terjadi akibat reaksi retarder yang terkandung di dalam bahan tambah pada semen tidak bereaksi secara maksimal pada dosis tinggi. Dari hasil pengujian beton yang telah dilakukan, proses pembentukan beton pada umur 3 hari lebih cepat dari pada beton dengan umur 7 hari dan 28 hari. Hasil kuat tekan beton dari penambahan Mastersure 1007 semakin besar dosis bahan tambah yang di tambahkan maka semakin tinggi nilai kuat tekan yang diperoleh. Tetapi pada umur pengujian 7 hari diperoleh hasil yang tidak stabil. Hasil yang diperoleh tersebut membuktikan bahwa kuat tekan beton dengan penambahan Mastersure 1007 pada dosis yang tinggi akan menurunkan nilai slump pada beton sedangkan untuk dosis yang semakin tinggi maka kuat tekan akan semakin meningkat.

 

Kata Kunci: Beton, Mastersure 1007, kuat tekan, beton silinder, slump

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
Abstract viewed = 29 times
pdf downloaded = 7 times