KAJIAN NUMERIK RESPON DINAMIK STRUKTUR AKIBAT BEBAN GEMPA ARAH VERTIKAL DAN MEMPERTIMBANGKAN GAYA AKSIAL YANG MERAMBAT DAN MEMANTUL PADA KOLOM

  • Heri Ahmadi UIR
Keywords: DOF, Gempa vertikal, rambatan, pantulan, gaya aksial, diagram interaksi.

Abstract

Dalam kajian ini dilakukan 3 jenis metode analisis, yaitu: analisis kasik (kecepatan rambatan energi gempa bernilai tak hingga (vc=∞), memperhitungkan rambatan energi gempa (kecepatan rambatan energi gempa bernilai berhingga (0<vc<∞), dan memperhitungkan rambatan energi gempa sekaligus pantulan gaya pada setiap massa beton terpusat. Analisis meggunakan aplikasi Matlab R2013a dengan metoda numerik Modifikasi Integrasi Wilson-q.

Hasil dari analisis terlihat respon simpangan absolut kolom mengikuti pergerakan tanah akibat gempa arah vertikal, ini karena nilai kekakuan aksial kolom sangat besar dibandingkan kekakuan lateralnya. Gaya aksial tarik akibat gempa tidak melebihi gaya aksial tekan akibat gravitasi, sehingga tidak terjadi tarik pada kolom. Kegagalan kolom terjadi akibat bertambahnya aksial tekan kolom saat terjadi gempa arah vertikal. Dengan memperhitungkan terjadinya rambatan gempa vertikal, nilai faktor keamanan akan semakin kecil untuk setiap kolom pada setiap DOF. Dengan meninjau diagram interaksi kolom, kegagalan kolom dapat terjadi akibat kombinasi aksial dan momen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 6 times