PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG DI SUNGAI SAIL KECAMATAN LIMAPULUH KOTA PEKANBARU

  • Hesekiel Tamba Universitas Lancang Kuning
  • Gusneli Yanti Universitas Lancang Kuning
  • Shanti Wahyuni Megasari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Beton Bertulang, Jembatan, Perencanaan Struktur Atas

Abstract

Jembatan yang terletak di perumahan Jondul Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru ini dibangun pada tahun 1993 merupakan akses penghubung bagi pejalan kaki maupun alat transportasi. Jembatan ini terbuat dari material kayu. Kondisi struktur jembatan kini telah rubuh dan membutuhkan pembangunan kembali. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merencanakan struktur atas jembatan dengan metode beton bertulangan, bentang jembatan 20 meter dengan lebar 7 meter. Perencanaan struktur terdiri dari tiang sandaran, trotoar, pelat lantai kendaraan, gelagar dan balok diafragma. Perhitungan struktur jembatan mengacu pada RSNI T-12-2004 (Standar Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan) dan RSNI T-02-2005 (Standar Perencanaan Pembebanan Jembatan). Perhitungan gaya dalam dihitung secara manual menggunakan analisa struktur. Berdasarkan analisa dan perhitungan pada struktur atas jembatan diperoleh hasil perencanaan tiang sandaran direncanakan dengan dimensi 10 cm x 15 cm menggunakan tulangan 2D10, trotoar direncanakan tebal 20 cm menggunakan tulangan D13–140, pelat lantai kendaraan direncanakan tebal 20 cm menggunakan tulangan D13–130, gelagar direncanakan dengan dimensi 60 cm x 125 cm menggunakan tulangan 12D40, balok diafragma direncanakan dengan dimensi 30 cm x 50 cm menggunakan tulangan 4D16.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hesekiel Tamba, Universitas Lancang Kuning

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning

Gusneli Yanti, Universitas Lancang Kuning

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning

Shanti Wahyuni Megasari, Universitas Lancang Kuning

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning

Published
2017-09-25
Section
Articles
Abstract viewed = 1323 times
PDF downloaded = 11794 times