Evaluasi Setting Rele Proteksi Untuk Mengurangi Busur Api Pada Switchgear Di Bekasap Area PT. Chevron Pacific Indonesia

  • Doni Mahendra Universitas Lancang Kuning
  • Arlenny Arlenny
  • Usaha Situmeang
Keywords: Switchgear, protection relay, incident energy

Abstract

Sistem proteksi tenaga listrik harus mampu bekerja sesuai dengan tujuan serta fungsi yang ditentukan terhadap jenis gangguan yang terjadi. Salah satu gangguan yang terjadi adalah arus hubung singkat (short circuit) yang diikuti pelepasan energi panas dalam bentuk busur (arc flash) yang dapat merusak peralatan.

Besar energi busur api yang dihasilkan tergantung dari waktu kerja sistem pengaman akibat gangguan arus hubung singkat. Semakin cepat rele pengaman bekerja, maka semakin kecil pula busur api yang dihasilkan dan begitu pula sebaliknya.

Evaluasi setting rele proteksi di switchgear adalah mengubah setting time dial pada OCR primary dan OCR secondary. Untuk OCR primary nilai setting time dial sebelum nya 2,6 s menjadi 1,08 s sedangkan untuk OCR secondary dengan time dial 2,4 s menjadi 1,02 s.

Perubahan setting pada OCR ini dihasilkan waktu kerja rele proteksi yang lebih cepat yaitu sebesar 0.208 s. Dengan waktu kerja proteksi yang semakin cepat, nilai energi panas yang di hasilkan juga lebih kecil. Energi insiden yang di hasilkan adalah 2,59 cal/cm2 menjadi 1.48 cal/cm2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-20
Section
Articles