Pendekatan Rancangan Museum Tenas Effendy Terhadap Prinsip-Prinsip Arsitektur Melayu

  • ADHA SUHENDRI Universitas Lancang Kuning
Keywords: Tenas Effendy, Museum, Arsitektur Melayu,, Konsep,Perancangan.

Abstract

Tenas Effendy merupakan seorang budayawan yang terkenal di provinsi riau. Karya-karya Tenas Effendy banyak digunakan dalam  memajukan kebudayaan melayu provinsi riau.Karya tenas Effendy yang paling terkenal adalah Tunjuk Ajar Melayu.  Untuk mengenang jasanya serta menyimpan  karya-karya Tenas Effendy tersebut maka diperlukan upaya dalam merencanakan sebuah museum.

Tujuan Perencanaan ini agar tersusunnya sebuah Planning dan Programing serta konsep rancangan museum

Sasaran dari perencanaan museum Tenas Effendy adalah bagaimana museum tersebut  dapat mewadahi karya-karya, mewadahi aktifitas museum, mewadahi sebuah tempat kegiatan edukatif, mewadahi kegiatan rekreatif, Serta mewadahi tempat pemajangan karya-karya Tenas Effendy sendiri.

Untuk merencanakan museum perlu adanya pembahasan terhadap aspek manusia, Fungsi, Lingkungan dan tapak serta bangunan yang kemudian dilakukan analisis.

Adapun      hasil akhirnya adalah Tersusunnya Planning dan Programing serta konsep perancangan museum tenas effendy terhadap pendekatan prinsip-prinsip arsitektur melayu yang selanjutnya dalam bentuk desain dan `rancangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-10-24
Section
Articles
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 6 times