Pengaruh Kapasitor Terhadap Faktor Daya Motor Induksi Tiga Phasa di PT. Malindo Karya Lestari

Keywords: Pengaruh Kapasitor, Motor Induksi Tiga Phasa

Abstract

Malindo Karya Lestari merupakan salah satu industri pada bidang Palm Oil Mill Equipment and Engineering di Pekanbaru yang bergerak dalam penyediakan unit dan sparepart untuk pabrik kelapa sawit.  Dalam proses pembuatan unit dan sparepart di workshop  menggunakan beberapa jenis  mesin dengan motor induksi tiga phasa dalam pengoperasiannya. Adanya Penambahan mesin berpengaruh besar terhadap faktor daya yang dihasilkan dari motor induksi. Motor induksi dirancang untuk beroperasi pada beban penuh, sehingga apabila beban turun maka efisiensi motor turun. pengoperasian motor di bawah beban tertentu maka memiliki dampak terhadap faktor daya. faktor daya yang tinggi sangat diinginkan agar motor induksi beroperasi lebih efisien serta menjaga agar biaya lebih rendah untuk semua sistem. untuk mengatasi faktor daya, biasanya di lakukan dengan pemasangan kapasitor secara paralel dengan beban.pemasangan kapasitor yang kecil tidak memiliki pengaruh yang berarti, sedangkan kapasitor yang terlalu besar akan berdampak pada naiknya tegangan motor, jika kenaikan tegangan kerja yang telalu lama, berdapak pada naiknya temperatur motor yang akan menjadi tinggi hal ini dapat mengakibatkan motor dapat terbakar, pemasagan kapasitor yang sesuai di harapkan dapat memperbaiki faktor daya pada motor induksi. Keadaan faktor daya sebelum adanya penambahan mesin adalah 0,886 dapat dinaikan menjadi 0,98 dengan penyesuaian kapasitor bank bernilai 132,4 kVAR. Setelah adanya penambahan mesin faktor daya adalah 0,869 dapat dinaikan menjadi 0,98 dengan penyesuain kapasitor bank bernilai 201 kVAR.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hamzah Eteruddin, Universitas Lancang Kuning
Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning
Abrar Tanjung, Universitas Lancang Kuning
Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning
Published
2021-10-01
Abstract viewed = 598 times
PDF downloaded = 1562 times