Sifat Mekanik Paving Block Komposit Sebagai Lapis Perkerasan Bebas Genangan Air (Permeable Pavement)

  • Iqbal Maulia Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Ismeddiyanto Universitas Riau
  • Reni Suryanita Universitas Riau
Keywords: Beton Porous, Kuat Tekan, Paving Block Komposit

Abstract

Penggunaan beton sebagai lapis perkerasan jalan dan pemukiman akan mempengaruhi proses infiltrasi sehingga mengakibatkan terjadi genangan atau banjir ketika musim hujan. Adapun alternatif untuk mengatasi masalah tersebut  yaitu digunakan inovasi perkerasan paving block komposit. Paving block komposit merupakan penggabungan paving block dan beton porous. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kuat tekan beton porous namun tidak mengurangi kemampuannya untuk meloloskan air dan mengkaji sifat mekanik yaitu kuat tekan. Pada penelitian ini beton porous diisi pada bagian tengah paving block dengan variasi diameter beton porous yang dibuat adalah 1 ½”, 2”, 2 ½”, dan 3”. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur 28 hari. Pada pengujian kuat tekan, nilai tertinggi didapat dari masing-masing variasi berturut-turut adalah 39,260 MPa, 3,864 MPa, 21,747 MPa, dan 15,204 MPa. Klasifikasi paving block berdasarkan mutu kuat tekan didapat bahwa variasi 1 ½” dan 2” termasuk kedalam mutu B, variasi 2 ½” termasuk kedalam mutu C dan variasi 3” termasuk kedalam mutu D. Sehingga dapat disimpulkan nilai optimum kuat tekan inovasi paving block komposit yaitu sebesar 20,80 MPa dengan laju infiltrasi 2,78 mm/s. Nilai optimum tersebut termasuk kedalam mutu B yaitu pada variasi diameter 2” dan 2½”. Paving block komposit diameter 2” dan 2½” ini dapat digunakan sebagai lahan parkir atau trotoar pejalan kaki dan mampu mengatasi banjir ataupun genangan air.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-20
Abstract viewed = 704 times
pdf downloaded = 1520 times