Analisis Kecelakaan Lalulintas pada Area Black Spot Ruas Jalan Lintas Sumatra Duri – Pekanbaru Kabupaten Bengkalis

  • Naswandi wanto universitas riau
  • Zulfikar Djauhari Universitas Riau
  • Ari Sandhyavitri Universitas Riau
Keywords: Lokasi rawan kecelakaan, upper control limit, kecelakaan lalu lintas, angka ekivalen kecelakaan, konsistensi desain geometri.

Abstract

Keselamatan jalan merupakan salah satu penelitian bidang transportasi.Kecelakaan lalulintas menimbulkan masalah serius bagi masyarakat berupa biaya medis,biaya ekonomi (kerugian produktivitas),biaya kerusakan properti,serta biaya rasa sakit dan duka cita. Salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan transportasi yaitu dengan penentuan dan penanganan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan yaitu metode pembobotan lokasi rawan kecelakaan untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan dengan menggunakan metode Batas Kontrol Atas (BKA) dan Upper Control Limit (UCL) hasil analisis terdapat dua ruas jalan dengan jumlah angka ekivalen kecelakaan lebih besar dibandingkan nilai BKA dan nilai UCL dan diidentifikasi lokasi rawan kecelakaan lalu lintas adalah jalan lintas sumatera km112 dan km126. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ketidak konsistenan desain geometri khususnya desain alinyemen horisontal segmen jalan yang ditinjau. Model yang dihasilkan menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan akan turun jika radius tikungan lebih tinggi dari pada rata-rata radius tikungan dari segmen jalan tinjauan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-10
Abstract viewed = 805 times
pdf downloaded = 1903 times