Analisis Harmonisa Menggunakan Filter Pasif pada Variable Speed Drive (VSD) dengan Beban Motor Electrical Submersible Pump (ESP) di PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI)
Abstract
ABSTRAK
Harmonisa merupakan komponen sinusoidal dari sebuah gelombang periodis yang memiliki frekuensi kelipatan bulat dari fundamental frekuensi gelombang periodis tersebut. Bila terjadi superposisi antara gelombang frekuensi dasar dengan gelombang frekuensi harmonisa maka terbentuklah gelombang yang terdistorsi sehingga bentuk gelombang tidak lagi sinusoidal. Adapun penyebab timbulnya harmonisa adalah beban non linier, salah satunya dari penggunaan Variable Speed Drive (VSD) yang berfungsi sebagai penggerak motor Electrical Submersible Pump (ESP) tiga phasa. Untuk mengurangi Total Hamonic Distortion (THD) arus dan tegangan yang dihasilkan oleh VSD maka digunakanlah filter pasif salah satunya filter pasif LC yang hasilnya sesuai dengan batasan harmonisa arus dan tegangan berdasarkan IEEE standar 519-2014. Dari hasil penelitian menggunakan menggunakan filter pasif LC bahwa THDI dan THDV yang dihasilkan oleh VSD 6 pulsa untuk menggerakkan motor ESP tiga phasa di lapangan sumur minyak PT. Chevron Pasific Indonesia yang masih produksi dengan hasil pengukuran pada input filter LC diperoleh THDI sebesar 93,03% dan THDV sebesar 37,6% selanjutnya pada output filter pasif LC diperoleh THDI sebesar 5,93% dan THDV sebesar 4,03%. Untuk desain Filter pasif LC dari perhitungan pada orde ke 36 diperoleh nilai induktor (L) sebesar 0,000054 mH dan kapasitor (C) sebesar 0,0424 μF, selanjutnya pada orde ke 40 diperoleh nilai indukor (L) sebesar 0,000054 mH dan kapasitor (C) sebesar 0,424 μF.
Kata Kunci : Variable Speed Drive (VSD), Filter Pasif LC, Harmonisa.