PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN DEPO CONTAINER PT. PELINDO I - DUMAI
Abstract
Pelayanan angkutan kontainer (peti kemas) merupakan pelayanan jasa angkutan barang utama dalam proses eksport dan import. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengelolaan kawasan proses export, imprort dan melayani jasa angkutan kontainer adalah PT.Pelindo I Cabang Dumai. Penelitian ini bertujuan merencanakan tebal struktur perkerasan lahan penumpukan depo kontainer agar memberikan sumbangan pemikiran tentang perencanaan tebal perkerasan yang digunakan dalam pembuatan depo kontainer di PT. Pelindo I Cabang Dumai. Perencanaan perkerasan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) yang terdiri dari plat beton semen terletak di atas tanah dasar langsung atau di atas lapisan granuler (sub base) dan berada di atas tanah dasar (subgrade), Perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku (rigit pavement) menggunakan metoda NAASRA(National Association Australian State Road Authorities). Dari hasil perencanaan tebal perkerasan yang dilakukan diperoleh hasil berikut : Lapis pondasi beton dengan tebal 100mm, untuk pelat beton dipakai mutu beton K350 kg/cm2, setara f”c 35 MPa . Dengan tebal pelat 250mm, Tulangan memanjang , tulangan melintang digunakan . Dowel untuk tebal pelat 220-250 mm digunakan dowel dengan ketentuan Ukuran Jarak Ruji (mm) , panjang L = 450mm, Jarak S = 300mm, Tie bar (batang pengikat) , P = 688 mm, L= 750 mm.