EFEKTIFITAS MEDIA ADOBE FLASH CS 6 TERHADAP PEMBELAJARAN BAKERY BEFORE - AFTER PANDEMI COVID 19 (DEPARTEMEN IKK FPP UNP)

  • Ezi Angraini Universitas negeri padang
  • Wakhinuddin Simatupang UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Mukhlidi Muskhir UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Dedy Irfan UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Dedy Irfan UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Ambiyar UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Fadhilah UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Keywords: Efektivitas, Adobe, Bakery, Before and after

Abstract

Media pembelajaran merupakan istrumen yang sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik. Pasca penyebaran wabah Covid-19 ini berefek pada dunia pendidikan, perubahan sistem pembelajaran diarahkan menjadi kebijakan belajar dirumah secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media Adobe Flash CS6 pada pembelajaran online terhadap capaian kompetensi pada mata kuliah Bakery. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan membandingkan hasil belajar mahasiswa secara online  saat pandemi dengan sebelum pandemi pada mata kuliah Bakery dideparteman IKK FPP UNP. Berdasarkan data yang diperoleh dari nilai semester Bakery angkatan 2017 dan 2019, rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 73,01 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 88,53. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa suatu media yang valid dan praktis belum mampu menggantikan keefektifan pembelajaran Bakery, dengan kata lain mata kuliah Bakery ini lebih tercapai kompetensinya jikalau dilakukan secara praktek dilabor karna memang hirarkinya mata kuliah praktek harus dilakukan di labor/workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wakhinuddin Simatupang , UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Mukhlidi Muskhir, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Dedy Irfan, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Dedy Irfan, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Ambiyar, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Fadhilah, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

-

Published
2022-12-31
How to Cite
Angraini, E., Wahid, W. S., lid, M., Dedy , D., Dedy , D., Ambiyar, A., & -, F. (2022). EFEKTIFITAS MEDIA ADOBE FLASH CS 6 TERHADAP PEMBELAJARAN BAKERY BEFORE - AFTER PANDEMI COVID 19 (DEPARTEMEN IKK FPP UNP). ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4, 48 - 58. https://doi.org/10.31849/zn.v4i.12490
Abstract viewed = 78 times
PDF downloaded = 111 times