SUSTAINABLE STRATEGY FOR THE POTENTIAL OF KELAPAN MARINE TOURISM THROUGH THE DEVELOPMENT OF COMPONENT 4A IN BANGKA SELATAN DISTRICT

  • Falih Nasrullah Institut Pertanian Bogor
  • M. Parulian Hutagaol Sekolah Pascasarjana Program Studi Manajemen Pembangunan Daerah, IPB
  • Lala M. Kolopaking Sekolah Pascasarjana Program Studi Manajemen Pembangunan Daerah, IPB
Keywords: Component 4A, Sustainable Marine Tourism Development, Kelapan Island, Key Tourism Area

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen 4A dan strategi pengembangan komponen 4A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Fasilitas Penunjang pada wisata bahari Pulau Kelapan. Pulau Kelapan memiliki banyak obyek wisata bahari yang potensial dan Pulau Kelapan merupakan bagian dari Kawasan Super Prioritas Pariwisata Andalan di Provinsi Bangka Belitung. Namun, potensi wisata bahari di Pulau Kelapan belum dikelola secara optimal oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, kondisi komponen obyek wisata bahari memiliki banyak kendala, seperti keterbatasan prasarana, kurangnya promosi, sarana dan prasarana penunjang masih sangat terbatas. Akibatnya, sektor pariwisata belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan fakta dan secara nyata, melalui teknik pengumpulan data wawancara observasi dan dokumentasi informan penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan wisata bahari di Pulau Kelapan belum optimal, masih banyak yang perlu dikembangkan pada masing-masing komponen tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basir, D. J. W. I. 2018. Kawasan Wisata Bahari Pulau Harapan di Kabupaten Jeneponto (Doctoral dissertation, Fakultas Sains dan Teknologi).
Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., Fyall, A., & Wanhill, S. (2005). Tourism: Principles and practice. Pearson education.
David RF. 2002. Manajemen Strategis : Konsep. Jakarta: PT. Prenhalindo.
DPKO. (2021). Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka Selatan 2021. Data Kunjungan Pariwisatawan.
Fatlolona S et al. 2019. “Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Di Pulau Siladen”. Jurnal Spasial. 6(3), 725–35.
Indrajaya, S. 2019. Pengaruh Brand Halal, Kualitas Pelayanan, Kesan, Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Wisata Kuliner Halal Di Kota Tangerang Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Khalik W. 2014. Kajian kenyamanan dan keamanan pariwisatawan di kawasan pariwisata Kuta Lombok. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). https://doi.org/10.24843/JUMPA.2014.v01.i01.p02
Kurniatini, N. K. A. V., & Darsana, I. M. 2021. Strategi Menjadikan Nusa Lembongan Sebagai Tujuan Utama Wisata Bahari. Jurnal British, 2(1), 18-26.
Kurniawan, Fitri Lukiastuti dan Hamdani, Muliawan, 2000. Manajemen Stratejik dalam Organisasi. Med Press, Yogyakarta.
Mahyuni, L. P., & Dewi, I. G. A. A. T. (2020). Corporate Social Responsibility, Kearifan Lokal ‘Tri Hita Karana’, Dan Pariwisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 99-105. https://doi.org/10.31849/jieb.v18i2.5803
Miles, M.B dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Penerjemah: T.R Rohidi). Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.
Muriany, T. 2021. Efektifitas Pembangunan Pada Sektor Pariwisata Pantai Sawai Di Negeri Sawai Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah. BESTERKUNDE, 1(1), 1-14; [diakses 2022 Des 25]. https://unidar.e-journal.id/best/article/download/110/87
Özdemir, B., Seyitoğlu, F. 2017. Studi konseptual pencarian gastronomi pariwisatawan: Keaslian atau keamanan dan kenyamanan?. Perspektif Manajemen Pariwisata, 23:1–7. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2017.03.010
Parta, I. N. 2019. Strategi pemasaran paket pariwisata Pulau Komodo, oleh PT. Komodo Cipta Pariwisata Tour and Travel di Kuta Bali. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 2(2). http://dx.doi.org/10.31002/rn.v2i2.1325
Pearce, J. A., Robinson, R. B., Subramanian, R. 2000. Manajemen strategis: Perumusan, implementasi, dan pengendalian. Columbus, OH: Irwin/McGraw-Hill.
Rhama, B., Setiawan, F. 2020. Assessing Public Private Partnership in Indonesia Tourism. Policy & Governance Review, 4(3), 197-209. https://doi.org/10.30589/pgr.v4i3.339
Salazar, N. B. 2012. Community-based cultural tourism: Issues, threats, and opportunities. Journal of Sustainable Tourism, 20(1), 9-22. https://doi.org/10.1080/09669582.2011.596279
Sugiama, A. G. 2011. Analisis diskriminan persepsi wisatawan terhadap kualitas komponen kepariwisataan di kawasana wisata agro. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 2, pp. 207-215).
Swarbooke, J. 1998. Sustainable Tourism Development. CABI Publishing. London.
Wijaya, N. S., & Sudarmawan, I. W. E. 2019. Community Based Tourism (CBT) Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di DTW Ceking Desa Pekraman Tegallalang. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(1), 77-98. https://doi.org/10.22334/jihm.v10i1.162
Published
2023-03-28
Section
Articles
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 209 times